Beranda Frame Menghadapi Tantangan Transformasi Kinerja Di Era Digital, Plt. Kabadiklat Kemhan Buka Workshop...

Menghadapi Tantangan Transformasi Kinerja Di Era Digital, Plt. Kabadiklat Kemhan Buka Workshop Pejabat Eselon IV Kemhan TA. 2024

BERBAGI
Menghadapi Tantangan Transformasi Kinerja Di Era Digital, Plt. Kabadiklat Kemhan Buka Workshop Pejabat Eselon IV Kemhan TA. 2024

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Plt Kabadiklat Kemhan Mayor Jenderal TNI Zainul Arifin membuka Workshop Sistem Pertahanan Negara Eselon IV Kemhan TA. 2024 di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Salemba, Senin (26/2).

Dalam sambutannya, Plt. Kabadiklat Kemhan mengemukakan bahwa Workshop ini mengangkat tema “Transformasi Kinerja Di Era Digital”. Kegiatan ini dipandang sangat penting dan strategis dihadapkan tantangan saat ini, dimana pemerintah ingin mewujudkan birokrasi profesional berkelas dunia. Workshop yang dilaksanakan mulai tanggal 26 Februari s.d. 1 Maret 2024 ini, selain sebagai wahana silaturahmi dan komunikasi antar Pejabat Eselon IV Kemhan, juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan persamaan persepsi tentang tugas, fungsi, dan tanggung jawab organisasi satuan-satuan kerja yang ada di Kementerian Pertahanan.

Selain itu, kegiatan workshop ini juga dimaksudkan untuk memperkuat sinergitas dan koordinasi antar pejabat Eselon IV dalam pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pertahanan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk tujuan yang lebih besar yaitu sebuah Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada bidang pertahanan negara.

Hal tersebut menjadi penekanan Plt Kabadiklat, mengingat pejabat Eselon IV merupakan tulang punggung organisasi yang berperan penting dalam mewujudkan pertahanan negara yang tangguh. Dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang tugas dan pekerjaan tersebut, maka perlu diberikan pendidikan dalam rangka pengembangan kompetensi dalam menghadapi tantangan transformasi kinerja di era digital. Untuk itu, dalam rangka mewujudkan kualitas kinerja para pejabat Eselon IV, perlu didukung oleh pemberian bekal kemampuan koordinasi, serta komunikasi yang baik tentang perlunya kesamaan persepsi di dalam penyelenggaraan organisasi dan tata kerja serta ketatalaksanaan kelembagaan pemerintahan di bidang pertahanan yang bersih transparan dan akuntabel.

Materi workshop ini sengaja didesain tidak hanya memahami tentang berbagai kebijakan tentang pertahanan negara, tetapi juga diberikan materi tentang berbagai kebijakan terkait transformasi kinerja yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan di era digital ini.

Selanjutnya, dihadapkan pada tantangan era digital saat ini, tugas dan tanggung jawab menjadi semakin kompleks dan penuh tantangan ditandai dengan adanya arus informasi beredar dangan sangat cepat dan mudah diakses. Hal ini menuntut bagi pejabat Eselon IV untuk mampu mencerna dan menganalisis informasi dengan cepat dan akurat, agar dapat mengambil keputusan yang tepat dan dapat memanfaatkanya dalam dunia kerja masing-masing. Dengan perkembangan situasi tersebut para Pejabat Eselon IV perlu senantiasa dapat mengikuti perkembangan teknologi dan mampu beradaptasi dengan cepat, agar dapat memanfaatkan tehnologi untuk menunjang peningkatan kualitas kinerja serta efektifitas organisasi.

Pelaksanaan Workshop ini diharapkan akan menjadi sarana efektif untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan pejabat sesuai jabatan pada levelnya, sekaligus juga dapat membantu mengembangkan keterampilan pemahaman organisasi lingkungan kerja, kepemimpinan, manajemen waktu, komunikasi dan kemampuan teknis lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dengan lebih efesien.

Melalui kegiatan ini para pejabat juga dapat belajar bagaimana membangun dan memelihara kerja sama tim yang efektif, meningkatkan keterlibatan tim dan kemampuan bekerja sama untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Dedikasi dan kinerja para pejabat Eselon IV Kementerian Partahanan sangatlah menentukan efektivitas dan efisiensi organisasi Kementerian Pertahanan.

“Para pejabat Eselon IV diharapkan mampu bekerja sama dan bersinergi untuk memaknai bahwa setiap program dan kegiatan dipastikan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan,” ujar Mayor Jenderal TNI Zainul Arifin.

Turut hadir pada upacara pembukaan Workshop Sistem Pertahanan Negara Eselon IV, Karopeg Setjen Kemhan, Kapusdiklat Badiklat Kemhan, tamu undangan, dan para peserta.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.