Beranda Frame Menkominfo Tegaskan Kedisiplinan Faktor Utama Lawan Covid-19

Menkominfo Tegaskan Kedisiplinan Faktor Utama Lawan Covid-19

BERBAGI
Menkominfo Tegaskan Kedisiplinan Faktor Utama Lawan Covid-19

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan banyak faktor yang mempengaruhi tingkat penularan Covid-19 di Indonesia, namun faktor paling ampuh melawan pandemi adalah kedisiplinan.

“Pada saat dimana kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan itu dengan tepat, maka tentu pengendalian penularan bisa kita lakukan,” ujar Menteri Kominfo dalam Program Rosi Bicara Kompas TV mengenai Covid-19 Tembus 1 Juta, Kita Bisa Apa?, dari Jakarta, Kamis (28/01/2021).

Menurut Menteri Johnny,  kepercayaan masyarakat rendah dalam menyikapi pentingnya menerapkan protokol kesehatan, akan tetapi hal tersebut bukanlah faktor tunggal, dia multi faktor penyebabnya, dan saat ini tugas kita bagaimana meningktkan kepercayaan masyarakat,” jelasnya

Tidak bisa dimungkiri sebagian kelompok, tokoh maupun publik figur seringkali juga menyepelekan kedisiplinan sehingga hal itu menjadi pro kontra dan kurangnya kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, Menteri Kominfo berharap hal tersebut dijadikan koreksi.

“Ada beberapa kejadian yang kita tidak harapkan itu koreksi besar-besaran, harus kita atasi. Tetapi itu tidak menjadi alasan kita untuk lengah dalam membangun kepercayaan kita secara bersama-sama, pertemuan kita malam ini juga dalam meyakinkan masyarakat untuk kerja bersama-sama, harus disiplin,” tandasnya.

Menurut Menteri Johnny jika seluruh elemen masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sejauh apapun kerja keras yang dilakukan akan sulit mengendalikan Covid-19.

“Dengan situasi seperti begitu justru kita perlu membangun bagaimana tingkat kepercayaan masyarakat, edukasi kepada masyarakat, tidak perlu bosan dengan itu, itu tantangan yang paling utama,” ujarnya.

Dalam mengendalikan pandemi Covid-19, pemerintah terus menerima berbagai koreksi dan evaluasi, di sisi lain, perlu adanya suatu momentum yang juga membangun tindakan kolektif dan kolaborasi. 

“Hadir kita malam ini dalam rangka bukan mentransmisikan kekhawatiran dan ketakutan kepada masyarakat, tapi justru kita harus membangun harapan dan membangun kepercayaan masyarakat agar bisa atas masalah ini secara bersama-sama,” ungkap Menteri Kominfo.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.