Beranda Frame Menpan RB Apresiasi Capaian Reformasi Birokrasi Kemendagri

Menpan RB Apresiasi Capaian Reformasi Birokrasi Kemendagri

BERBAGI
Menpan RB Apresiasi Capaian Reformasi Birokrasi Kemendagri

Papua, Haloindonesia.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi kinerja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dari segi reformasi birokrasi (RB) dan akuntabilitas kinerja. Peningkatan signifikan indeks RB dan indeks Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) terus terjadi selama lima tahun terakhir.

“Kami mengapresiasi kinerja Kemendagri karena indeks RB yang terus meningkat dan mencapai predikat A pada 2023. Begitu juga dengan indeks Sakip yang terus menunjukkan peningkatan dan mendapat predikat BB. Pencapaian Kemendagri ini berada di atas rata-rata nilai RB dan Sakip kementerian atau lembaga (K/L) pada 2023,” ujar Anas dikutip dari Kompas.com, Sabtu (29/6/2024).

Diketahui, pernyataan tersebut disampaikan Anas usai bertemu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Kantor Kemenpan RB pada Jumat (28/6/2024).

Tidak hanya berasal dari penilaian positif terhadap implementasi RB General di lingkup Kemendagri, peningkatan indeks juga dipengaruhi oleh kontribusi yang signifikan dalam implementasi RB tematik, khususnya pada fokus pengentasan kemiskinan dan penanganan inflasi.

Anas meyakini bahwa Tito dan jajaran Kemendagri akan terus meningkatkan kinerja dalam implementasi Sakip dan RB secara berkelanjutan.

Selain itu, Anas juga menyambut baik kolaborasi antara Kemenpan RB dan Kemendagri dalam berbagai isu prioritas yang berkaitan dengan pelayanan publik, pengelolaan sumber daya manusia (SDM) aparatur, dan reformasi birokrasi.

“Kami optimistis bahwa upaya yang dilakukan oleh Kemendagri akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat melalui mekanisme pemerintah daerah (pemda) di seluruh Indonesia,” kata Anas.

Pada kesempatan yang sama, Mendagri Tito Karnavian mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk memastikan implementasi RB dan Sakip di Kemendagri berjalan lancar guna menciptakan birokrasi yang lebih profesional.

Tidak hanya berfokus pada perbaikan internal, Kemendagri juga aktif dalam membina, mengawasi, serta memperbaiki implementasi RB di pemda.

“Kami berterima kasih atas bimbingan dan pendampingan yang diberikan oleh Kemenpan RB, sehingga penilaian ini dapat mendorong kami untuk meningkatkan kinerja lebih baik guna menciptakan birokrasi yang efektif dan tidak merepotkan,” pungkas Tito. (ARS)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.