Jakarta, Haloindonesia.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas mendorong Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Francisco, Amerika Serikat, untuk terus meningkatkan pelayanan publik, termasuk melalui transformasi digital, guna mempermudah akses dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Kunjungan ini menjadi momen berharga dalam mengukuhkan hubungan yang erat antar pemerintah yang berada di Indonesia dan perwakilan di luar negeri, serta sebagai kesempatan bagi kami untuk melihat pelayanan yang berada di KJRI San Francisco,” ungkapnya saat kunjungan ke KJRI San Francisco di Amerika Serikat, Kamis (30/5/2024).
KJRI San Francisco melayani sekitar 20.000 warga negara Indonesia, yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pekerja di sektor teknologi, perawat, dan profesi lainnya. Wilayah pelayanan KJRI ini mencakup Silicon Valley, pusat teknologi dunia yang menjadi rumah bagi ribuan perusahaan TI global.
“KJRI San Francisco juga melayani para talenta digital Indonesia yang bekerja di Silicon Valley. Kami sangat berharap KJRI San Francisco dapat terus berkomitmen supaya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para WNI,” tuturnya.
Menteri Anas menekankan bahwa KJRI San Francisco memiliki peran strategis dalam mempromosikan investasi, perdagangan, dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat dan pemangku kepentingan di wilayahnya. Kerja sama erat dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, lembaga bisnis, dan komunitas diaspora, sangat penting untuk memperluas kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Amerika Serikat.
Selain itu, Anas berharap KJRI San Francisco mendukung agenda reformasi birokrasi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur, dan memanfaatkan teknologi informasi dalam pelayanan publik.
“Kami yakin bahwa dengan sinergi antara pemerintah pusat, perwakilan di luar negeri, dan masyarakat, kita dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih baik dan membangun Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing di tingkat global,” ucapnya.
Pada kesempatan yang sama, Konjen RI San Francisco Prasetyo Hadi mengatakan akan terus meningkatkan pelayanan publik di KJRI San Fransisco untuk dapat memberi kemudahan masyarakat dalam mengurus berbagai layanan.
“Kami berterima kasih atas kunjungan Menteri PANRB bersama delegasi di KJRI San Fransisco. Semoga arahan Menteri PANRB terkait perbaikan pelayanan publik yang berdampak dapat segera diimplementasikan,” pungkasnya.
(HES)