Beranda Hot News Menpar Luncurkan Bus Wonderful Asian Games

Menpar Luncurkan Bus Wonderful Asian Games

BERBAGI

Jakarta, Halo Indonesia — Memaksimalkan promosi pariwisata Indonesia pada event Asian Games 2018, Menteri Pariwisata (Menpar) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Sallahudin Uno meluncurkan bus dengan _branding_ logo Wonderful Indonesia (WI) dan Asian Games 2018 di Lapangan Monas, Silang Merdeka Barat Daya Jakarta, Kamis pagi (26/07). 

Menpar Arief mengatakan penyelenggaraan event Asian Games 2018 akan memberikan dampak yang tinggi baik berupa _economic value_ atau _direct impact_ berupa _spending_ dari penonton atau wisatawan mancanegara (wisman) yang datang, maupun _media value_ yang nilainya lebih tinggi.

“ _Media value_ dari _event sport tourism_ besarnya dua kali lipat dari _direct impact_. Untuk Asian Games 2018 yang diproyeksikan memberikan  _direct impact_ sebesar 170.000 wisman dengan potensi devisa Rp 3 triliun, _media value_-nya diproyeksikan lebih besar dari _direct impact-_ nya” kata Menpar Arief dalam peluncuran bus yang juga dihadiri oleh Ketua II Co-Branding Kemenpar Priyantono Rudito, Dirut TransJakarta Budi Kaliwono, Dirut DAMRI SN Milatia Moemin, dan Direktur Blue Bird Group Andrianto Djokosoentono ini.

Perhitungan nilai media atau _media value_ dari event olahraga Asian Games 2018 tersebut dengan membandingkan (benchmark) dari penyelenggaraan MotoGP yang _direct impact_-nya sebesar US$ 100 juta sedangkan _media value_-nya mencapai US$ 200 juta atau dua kali lipat. “Tingginya _media value_ MotoGP ini karena pemberitaannya yang luas disiarkan ke 60 negara melalui 200 perusahaan _broadcasting_ atau saluran tevisi dunia,” kata Arief Yahya. Perhitungan _media value_ ini diperkirakan juga akan terjadi pada event Asian Games 2018 yang merupakan salah satu event olahraga terbesar di dunia.

_Indirect impact_ untuk Asian Games 2018 yaitu melalui _media value_ dengan estimasi jumlah penonton TV (non-streaming) sebanyak 300 juta audiens*,  dengan standar biaya media $ 25 per _thousand viewers_ menghasilkan impact sekitar Rp 105 Triliun.

Asian Games yang juga merupakan event _sport tourism_ menjadi ajang spektakuler untuk melakukan _branding_, sehingga pada momen tersebut Menpar Arief menggunakan momentum langka ini untuk _branding_ Wonderful Indonesia salah satunya dengan melakukan _wrapping_ bus yang melayani jalur utama di Jakarta dan Bandara Soekarno-Hatta yang rencananya berjumlah 100 bus, terdiri dari 64 bus Trans Jakarta,  20 Damri Airport Bus, dan 16 _shuttle_ bus Blue Bird.

“ _Branding_ Wonderful Indonesia dengan _bus wrapping_ ini telah kita lakukan pada momentum World Cup 2018 Rusia dan Piala Eropa 2016 di Perancis. Selain itu sudah banyak kita lakukan di negara lain, misalnya pada bursa pariwisata dunia di ITB Berlin (Jerman), WTM London, dan kini pada momentum Asian Games 2018,” jelas Menpar Arief.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengapresiasi peluncuran Branding Wonderful Indonesia untuk mepromosikan destinasi pariwisata Indonesia ke seluruh dunia melalui momen Asian Games 2018. Sandiaga Uno menyampaikan bahwa _branding_ Wonderful Indonesia pada bus bukan hanya sekedar logo tapi juga komitmen untuk menyukseskan Asian Games 2018. _“Branding_ bukan cuma logo, juga bukan hanya _design_ grafis yang melambangkan Indonesia. Tapi ini juga sebagai komitmen kita sebagai tuan rumah untuk menyukseskan Asian Games 2018. Saya menawarkan pada Bapak Menteri Arief Yahya untuk melakukan _branding_ Wonderful Indonesia juga di MRT yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga mengatakan penyelenggaraan event Asian Games 2018 memberikan dampak ekonomi langsung pada Jakarta di antaranya akan menciptakan 10 ribu lapangan kerja. “Kita harapkan _direct impact_ juga lebih besar dengan datangnya para atlet, _official_, dan penonton mancanegara,” kata Sandiaga Uno. 

Event Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 akan diikuti 45 negara diproyesikan menghadirkan 170.000 wisman yang terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 _official_, 5.000 awak media internasional dan 150.000 penonton dengan  penerimaaan devisa diperkirakan mencapai Rp 3 triliun.

Acara peluncuran bus tersebut sebagai salah satu upaya nyata _co-branding_ yang dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggandeng 3 penyedia transportasi bus yaitu Trans Jakarta, PT. DAMRI, dan Blue Bird Group untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia pada bus wrapping dengan mengambil momentum Asian Games 2018. 

Saat ini Kemenpar telah melakukan _co-branding_ Wonderful Indonesia dengan 119 brands yang meliputi _corporate_ dan artis _entrepreneur_.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.