Beranda Education Menparekraf Ajak Civitas Akademika UWKS Surabaya Jatim Perkuat Kualitas SDM

Menparekraf Ajak Civitas Akademika UWKS Surabaya Jatim Perkuat Kualitas SDM

BERBAGI
Menparekraf Ajak Civitas Akademika UWKS Surabaya Jatim Perkuat Kualitas SDM

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak civitas akademika Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Jawa Timur, untuk ikut serta meningkatkan dan memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air.

Dalam rapat senat terbuka sekaligus dies natalis ke-43 UWKS, Selasa (9/7/2024), Menparekraf Sandiaga mengatakan dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045, diperlukan SDM yang kuat dan terampil. Terlebih Indonesia saat ini sedang mengalami masa bonus demografi, di mana sekitar 90 juta warga negara Indonesia berada dalam usia produktif.

“Ini adalah bekal yang harus kita maksimalkan dalam menyiapkan kepemimpinan dengan pilar kewirausahaan yang kuat,” kata Sandiaga.

Oleh karena itu, Menparekraf Sandiaga mengajak civitas akademika UWKS untuk ikut serta mempersiapkan SDM Indonesia dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Sehingga bonus demografi yang dimiliki Indonesia mampu menghadirkan berbagai peluang usaha dan lapangan kerja baru.

Menparekraf Sandiaga menekankan perguruan tinggi juga perlu menjalin kerja sama dengan industri, pemerintah, dan berbagai komunitas. Kerja sama ini diperlukan untuk memperkuat bonus demografi yang ada seoptimal mungkin.

“Perguruan tinggi berada di garda terdepan (penguatan SDM) dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya memiliki tanggung jawab yang sama untuk mempersiapkan SDM yang unggul. Oleh karena itu saya mengajak seluruh civitas akademika UWKS untuk bersama-sama Kemenparekraf mendukung visi Indonesia Emas 2045,” katanya.

Sementara itu, Rektor UWKS, Widodo Ario Kentjono, menyampaikan dalam upaya mendukung peningkatan SDM, pihaknya senantiasa menjalankan semua proses sistem penjaminan mutu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi pengembangan sumber daya manusia melalui sistem penjaminan mutu internal (SPMI).

Pihaknya juga telah dilakukan langkah-langkah positif di berbagai bidang, terutama dalam pengembangan sarana teknologi informasi dalam rangka untuk mewujudkan perguruan tinggi yang mempermudah proses pembelajaran, meningkatkan efisiensi administrasi, memberikan aksessibilitas yang baik, dan memberikan informasi yang akurat dan terbaru.

“Maka Universitas Wijaya Kusuma Surabaya terus melakukan pengembangan di bidang learning management system,” ujar Ario.

Rapat ini dihadiri secara luring oleh Kepala Kepala Pusat Pengembangan (Pusbang) SDM Parekraf, Andar Danova L. Goeltom.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.