Beranda Frame Menparekraf Apresiasi Antusiasme Pemda Ikuti Lomba Video Promosi Parekraf APPI 2023

Menparekraf Apresiasi Antusiasme Pemda Ikuti Lomba Video Promosi Parekraf APPI 2023

BERBAGI
Menparekraf Apresiasi Antusiasme Pemda Ikuti Lomba Video Promosi Parekraf APPI 2023

Jakarta, Haloindonesia.co.idMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi partisipasi aktif dan antusiasme pemerintah daerah (pemda) seluruh Indonesia dalam program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) yang merupakan kegiatan lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan penghargaan kepada Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad yang menjadi salah satu juara lomba video kreatif BBWI dengan tema “Event Daerah” kategori provinsi dalam ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Menparekraf Sandiaga dalam malam puncak “APPI 2023” berharap lomba pembuatan video promosi pariwisata ini dapat menyumbang pergerakan wisatawan nusantara yang tahun ini ditargetkan sebanyak 1,2 hingga 1,4 miliar pergerakan.

“Saya mengapresiasi dan sangat menghargai kreativitas pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisatanya. Terutama desa-desa wisata, event daerah, seni dan budaya yang sangat beragam serta kuliner-kuliner yang sangat menarik,” kata Menparekraf Sandiaga.

Dalam program yang berlangsung pada Maret-Juni 2023 ini, pemerintah daerah se-Indonesia disyaratkan mengirimkan video berdurasi 1 menit yang mempromosikan destinasi wisata juga ekonomi kreatif masing-masing daerah. Setiap bulannya terdapat tantangan yang diberikan kepada seluruh dinas untuk dapat membuat video dengan berbagi tema mulai dari destinasi wisata, event daerah, seni dan budaya, serta kuliner.

Pariwisata dan ekonomi kreatif memang menjadi salah satu sektor unggulan yang diharapkan dapat menopang kebangkitan ekonomi nasional. Industri pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki kemampuan enam kali lebih cepat dalam penciptaan lapangan kerja dibanding sektor-sektor lainnya.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, Bloomberg dalam laporannya bahkan menyatakan industri pariwisata dan ekonomi kreatif terbukti mampu bertahan tangguh di tengah perkembangan artificial intelligence (AI) dan machine learning yang banyak disebut mengancam lapangan pekerjaan.

“Industri berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif ternyata mampu untuk bertahan dengan tangguh karena kreativitas dan inovasi dari para pelakunya. Karenanya pemerintah harus memberikan ruang dan peluang agar mereka mampu untuk menciptakan terobosan,” kata Menparekraf Sandiaga.

APPI kemudian diharapkan dapat menghadirkan ruang-ruang tersebut sebagai bentuk kolaboraksi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia dalam mempromosikan destinasi wisata, seni dan budaya, kuliner, serta event kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Program ini juga merupakan langkah awal dan diharapkan pemerintah daerah ke depannya dapat membentuk tim kreatif pemasaran pariwisata (Tiki Peta) yang beranggotakan anak muda kreatif termasuk di dalamnya fotografer, videografer, desainer grafis, dan pengelola media sosial untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi dalam bidang pemasaran pariwisata, khususnya melalui pemasaran secara digital.

“Ini adalah tim yang kolaboratif, tim yang berinovasi, tim yang selalu adaptif dan tim yang akan fokus pada pemasaran digital. Karena tahun depan target kita walaupun tahun politik adalah penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor parekraf,” kata Menparekraf Sandiaga.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan selama empat bulan penyelenggaraan APPI berhasil terkumpul 1.348 video dan telah disaksikan lebih dari 1,5 juta penonton. Adapun tema video yang ditampilkan adalah destinasi wisata (Maret), event daerah (April), seni dan budaya (Mei), serta kuliner (Juni).

“Ini artinya minat atau atensi masyarakat Indonesia terhadap destinasi pariwisata lokal sebenarnya luar biasa dan ini menginspirasi kita sehingga kita bisa meningkatkan lagi gerakan bangga berwisata di #IndonesiaAja,” kata Made.

Berikut daftar peraih penghargaan APPI 2023

Maret – Destinasi Wisata

Kategori Provinsi

  1. Jawa Timur
  2. Sumatra Barat
  3. Kepulauan Riau
  4. DKI Jakarta
  5. Jawa Tengah

Kategori Kabupaten/Kota

  1. Kota Padang
  2. Kota Makassar
  3. Kabupaten Penajam Paser Utara
  4. Kabupaten Lombok Timur
  5. Kabupaten Klaten
  6. Kota Bandar Lampung
  7. Kabupaten Natuna
  8. Kabupaten Buleleng
  9. Kota Surakarta
  10. Kota Tarakan

April – Event Daerah

Kategori Provinsi

  1. Jawa Timur
  2. Kepulauan Riau
  3. Bali
  4. Jawa Tengah
  5. Sumatra Barat

Kategori Kabupaten/Kota

  1. Kabupaten Bantaeng
  2. Kota Padang
  3. Kabupaten lombok Timur
  4. Kabupaten Tanjung Jabung Barat
  5. Kota Tarakan
  6. Kabupaten Malang
  7. Kabupaten Lampung Barat
  8. Kabupaten Indragiri Hulu
  9. Kabupaten Bangkalan
  10. Kabupaten Banyuwangi

Mei – Seni dan Budaya

Kategori Provinsi

  1. Riau
  2. Kepulauan Riau
  3. Bali
  4. Kalimantan Timur
  5. Jawa Tengah

Kategori Kabupaten/Kota

  1. Kabupaten Mappi
  2. Kabupaten Jayapura
  3. Kabupaten Malang
  4. Kabupaten Lebak
  5. Kota Sukabumi
  6. Kabupaten Lampung Barat
  7. Kota Surakarta
  8. Kota Tarakan
  9. Kota Bandar Lampung
  10. Kabupaten Pasuruan

Juni – Kuliner

Kategori Provinsi

  1. Kalimantan Tengah
  2. Bali
  3. Jawa Timur
  4. Riau
  5. Maluku

Kategori Kabupaten/Kota

  1. Kota Padang
  2. Kabupaten Mappi
  3. Kota Sukabumi
  4. Kabupaten Lampung Barat
  5. Kabupaten Jayapura
  6. Kota Surakarta
  7. Kota Makassar
  8. Kota Ternate
  9. Kabupaten Malang
  10. Kabupaten Pemalang.
Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.