Beranda Event Menparekraf Apresiasi ‘Pesona Belitung Beach Festival 2022’ Geliatkan Ekonomi Daerah

Menparekraf Apresiasi ‘Pesona Belitung Beach Festival 2022’ Geliatkan Ekonomi Daerah

BERBAGI
Menparekraf Apresiasi ‘Pesona Belitung Beach Festival 2022’ Geliatkan Ekonomi Daerah

Belitung, Haloindonesia.co.id Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan Pesona Belitung Beach Festival 2022, untuk meningkatkan geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Belitung.

Pesona Belitung Beach Festival merupakan pagelaran atraksi seni budaya, kearifan lokal dari berbagai daerah, yang dipadukan dengan keindahan bahari Pulau Belitung. Festival yang ada sejak tahun 2018 ini berhasil masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kemenparekraf/Baparekraf RI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan Pesona Belitung Beach Festival 2022, untuk meningkatkan geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Belitung.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Belitung, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi atas penyelenggaraan Pesona Belitung Beach Festival 2022. Kami melihat ini kebangkitan ekonomi kita, dan UMKM juga sudah menggeliat,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022.

Festival ini berlangsung di Taman Hiburan Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Menparekraf menyampaikan Belitung merupakan destinasi yang berlimpah potensi, dikelilingi pantai berpasir putih, mempunyai UNESCO Global Geopark, dibalut dengan panorama pulau-pulau kecil, kaya kearifan lokal, menjadikan Belitung masuk dalam salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

Tahun ini, Belitung juga akan menjadi spotlight dunia karena terpilih sebagai salah satu tuan rumah perhelatan internasional G20 pada 7–9 September 2022, yang merupakan momentum kebangkitan ekonomi Indonesia khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Oleh karena itu, Kemenparekraf mendukung penyelenggaraan event Pesona Belitung Beach Festival 2022 sebagai media promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Belitung.

“Dalam persiapan Belitung menjadi salah satu tuan rumah G20, kami pastikan penerbangan terkoneksi dengan baik. Kita harapkan penerbangan langsung dari luar negeri bisa terealisasikan. Kita pastikan juga bahwa destinasi siap, terutama berkaitan dengan CHSE,” kata Menparekraf.

Selain itu, untuk mendukung kebangkitan pariwisata Menparekraf mendorong Belitung agar mengembangkan pariwisata yang berkonsep ekowisata (ecotourism), sehingga bisa mendorong pariwisata berkelanjutan dan berkualitas.

“Saya juga titip sekali untuk mengembangkan ecotourism, karena ecotourism ini banyak diminati seperti Belitung Mangrove Park, pelepasan tukik di Tanjang Kelayang Belitung ini,” kata Menparekraf.

Bupati Belitung, Sahani Saleh berharap Pesona Belitung Beach Festival ini bisa menjadi event berskala internasional, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

“Kami juga berharap ke depan, event ini menjadi tuntunan bagi kami membangkitkan priwisata Belitung untuk lebih mendunia,” kata Sahani.

Turut mendampingi Menparekraf, Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi, Irjen Pol Krisnandi; Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf Reza Fahlevi; dan Koordinator Event Wilayah 1 Kemenparekraf RI, Trindiana M. Tikupasang.

Selain itu juga hadir, Bupati Belitung, Sahani Saleh; Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie; Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.