Beranda Ekonomi Bisnis Menparekraf Bertemu KADIN Bahas Pengembangan Kawasan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Menparekraf Bertemu KADIN Bahas Pengembangan Kawasan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

BERBAGI
Menparekraf Bertemu KADIN Bahas Pengembangan Kawasan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Jakarta, Haloindonesia.co.idMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bertemu dengan pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) membahas pengembangan kawasan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menparekraf Sandiaga saat bertemu dengan pengurus KADIN, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (28/3/2022), menyampaikan bahwa pengembangan kawasan pariwisata dan ekonomi kreatif harus didukung karena merupakan bentuk tatanan ekonomi baru.

“Pengembangan kawasan pariwisata dan ekonomi baru ini merupakan salah satu tatanan baru ekonomi pascapandemi yang harus kita dukung dengan gerak cepat,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan bahwa di Indonesia saat ini terdapat berbagai zona Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), salah satunya adalah zona pariwisata yang diperuntukkan bagi kegiatan usaha pariwisata. Yakni, ada KEK Tanjung Lesung, KEK Mandalika, KEK Morotai, KEK Tanjung Kelayang, KEK Singasari, KEK Lido, KEK Likupang, dan KEK Nongsa.

Ia berharap dengan hadirnya KADIN, Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini terkonsentrasi pada sektor ekonomi kreatif yang diharapkan mampu membuka peluang lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

“Semoga ekonomi kita bisa bangkit dengan kawasan yang ada di wilayah Indonesia dengan dukungan KADIN. Kami harus terus berinteraksi untuk menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat,” ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Bidang Agraria, Tata Ruang dan Kawasan, Sanny Iskandar, menyampaikan saat ini pihaknya sedang mempercepat pengembangan Tana Mori, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang pengembangannya menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022, ASEAN Summit pada 2023, maupun event internasional lainnya.

“Kami meminta dukungan Kemenparekraf untuk bisa bergandengan tangan mengembangkn kawasan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, salah satunya Tanamori ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Sanny juga menyerahkan Buku Kawasan Ekonomi kepada Menparekraf Sandiaga. Ia berharap buku tersebut bisa bermanfaat.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Hotma Parlindungan Manurung; dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu.

Serta turut hadir, Ketua Komite Tetap Kadin ATRK & Direktur Eksekutif HKI, Alfonso Pardede; Wakomtap Kadin ATRK & Wakil Direktur Eksekutif HKI, Sonia Adriaty; Wakomtap Kadin Kebijakan Fiskal dan Publik, Kawasan Tanamori Labuan Bajo, Joshua Krisekaputra; Wakomtap Kadin ATRK, Direktur Taman Safari Indonesia, Sumarlan; serta Komtap Kadin Kebijakan Publik, Chandra Wahjudi.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.