Beranda Frame Menparekraf Dorong Pemda Lakukan Uji Petik Perkuat Pengembangan Ekraf di Kediri

Menparekraf Dorong Pemda Lakukan Uji Petik Perkuat Pengembangan Ekraf di Kediri

BERBAGI
Menparekraf Dorong Pemda Lakukan Uji Petik Perkuat Pengembangan Ekraf di Kediri

Kediri, Haloindonesia.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, melakukan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota/Kreatif) sebagai upaya memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di daerahnya.

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri workshop pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) 2024 di Kediri, Sabtu (22/6/2024) malam, mengatakan kota Kediri memiliki potensi yang besar dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif.

Sehingga sudah sepatutnya kota Kediri mengikuti proses uji petik untuk menentukan subsektor ekonomi kreatif unggulan yang akan menjadi pendorong pengembangan ekonomi kreatif di kota Kediri.

“Hari ini kita hadir dan memberikan beberapa program untuk UMKM sektor ekonomi kreatif dan juga kita menggandeng pemerintah daerah untuk memberikan pembinaan, pendanaan, serta fasilitas untuk lebih dikembangkan kembali produk-produk nusantara kita yang tidak kalah saing,” kata Menparekraf Sandiaga.

Uji Petik PMK3I merupakan upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

Sehingga dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif serta ramah lingkungan untuk para pelaku ekonomi kreatif dapat memiliki nilai tambah dan memperkuat branding dari produk-produknya.

Diharapkan setelah uji petik, kota Kediri nantinya akan dapat masuk ke dalam jejaring kabupaten/kota kreatif.

“Sehingga akan memperkuat kolaborasi untuk saling memperkuat potensi ekonomi kreatif sekaligus memperluas pasar,” kata Menparekraf Sandiaga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Kediri, Zanariah serta mendampingi Menparekraf Sandiaga, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Hariyanto dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.