Beranda Frame Menparekraf: Gerakan Perempuan Berkarya Tingkatkan Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

Menparekraf: Gerakan Perempuan Berkarya Tingkatkan Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

BERBAGI
Menparekraf: Gerakan Perempuan Berkarya Tingkatkan Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

Rembang, Haloindonesia.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa gerakan perempuan berdaya dan berkarya mampu memberikan manfaat secara luas kepada masyarakat utamanya berkontribusi dalam membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas.

Menparekraf Sandiaga saat menghadiri Halaqoh Interaktif dengan tema “Perempuan Berdaya & Berkarya”, di Ponpes Al-Hamidiyyah, Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (16/9/2023), mengatakan perempuan mandiri di Indonesia menyumbangkan 2/3 dari UMKM ekonomi kreatif. Mulai dari subsektor kuliner, kriya, fesyen, sampai juga subsektor penerbitan.

Salah satu yang dapat menjadi inspirasi adalah Khilma Anis, seorang perempuan berdaya dan berkarya melalui tulisannya. Khilma merupakan seorang penulis novel terkenal yaitu “Hati Suhita”. Novel ini pun telah dituangkan ke dalam sebuah film dengan judul yang sama pada 25 Agustus 2023 dan mampu menarik lebih dari 500 ribu penonton. Karya Khilma kemudian juga akan dimasukkan ke dalam media OTT Netflix.

“Berarti ini adalah karya perempuan yang perlu kita apresiasi karena membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga melihat kekuatan perempuan, utamanya dari kalangan santriwati, mampu mengambil peran dalam memajukkan Indonesia. Tercatat ada 5 juta santri yang tersebar di 28 ribu pesantren di berbagai daerah tanah air.

“Saya ingin mengajak semua elemen bangsa memberikan lebih banyak apresiasi kepada para santri agar bisa menyumbangkan kontribusi kepada negeri,” ujarnya.

Halaqoh Interaktif turut menghadirkan Dekan Fakultas Syariah & Ekonomi Islam IPMAFA, Umdatul Barorah; Pengasuh Ponpes Al-Hamidiyah & Aktivis Perempuan, Raudlotul Jannah; Penulis Novel Hati Suhita, Khilma Anis; dan Influencer Pesantren, Wildad Bariroh

Usai menjadi narasumber dalam Halaqoh Interaktif, Menparekraf Sandiaga kemudian mengunjungi bazar UMKM yang menghadirkan berbagai jenis produk ekonomi kreatif mulai dari batik Lasem, sabun cuci, hingga makanan ringan.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf, Itok Parikesit; Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin; Bupati Rembang, Abdul Hafidz; dan Anggota DPR RI, Muhammad Arwani Thomafi.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.