Beranda Frame Menparekraf: KTT ke-42 ASEAN Perkuat Labuan Bajo Sebagai Destinasi MICE

Menparekraf: KTT ke-42 ASEAN Perkuat Labuan Bajo Sebagai Destinasi MICE

BERBAGI
Menparekraf: KTT ke-42 ASEAN Perkuat Labuan Bajo Sebagai Destinasi MICE

Manggarai Barat, Haloindonesia.co.idMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023 memperkuat kesiapan Labuan Bajo tidak hanya sebagai destinasi untuk leisure tapi juga destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) kelas dunia.

“Labuan Bajo siap menyelenggarakan event-event kelas dunia seperti KTT ASEAN. Kami akan ikut bidding ke depan untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi MICE kelas dunia,” kata Menparekraf Sandiaga Uno usai jumpa pers di Media Center KTT ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

“Oleh karena itu, kita akan pastikan event-event sepanjang tahun sebagai upaya kita di 2024 untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru tercapai,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, Labuan Bajo merupakan destinasi yang unik sekaligus spesial. Karena itu Labuan Bajo masuk sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Di sini akomodasinya tidak hanya di darat yaitu hotel-hotel dan resort tapi juga ada homestay ada sarhunta (sarana hunian pariwisata), ada desa wisata, dan juga ada Live on Board (LOB) yang menjadi bagian dari atraksi dan juga penyediaan dari atraksi. Ini yang perlu kita sosialisasikan dan edukasikan kepada wisatawan bahwa mereka memiliki opsi untuk akomodasi,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga melihat tren positif sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan sesuai konferensi internasional negara-negara di Asia Tenggara itu. Kunjungan wisatawan yang meningkat dan potensi peningkatan ini akan membantu untuk mencapai target jumlah kunjungan wisman sebesar 8,5 juta wisatawan di tahun 2023.

“Labuan Bajo total kunjungan wisatawannya sebesar 300-350 ribu wisman, mungkin akan naik 10-20 persen lantaran gelaran KTT ke-42 ASEAN 2023,” katanya.

Hadir Mendampingi Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan tersebut Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini Mohamad Paham; Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu; Kepala Biro Komunikasi Kemenprekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; serta Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.