Beranda Ekonomi Bisnis Menparekraf Optimistis Gen Z Bisa Punya Rumah Lewat Program Tapera

Menparekraf Optimistis Gen Z Bisa Punya Rumah Lewat Program Tapera

BERBAGI
Menparekraf Optimistis Gen Z Bisa Punya Rumah Lewat Program Tapera

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno angkat bicara mengenai polemik program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Sandiaga menyatakan bahwa aturan tabungan perumahan ini adalah langkah sulit yang perlu diambil. Namun, melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, program ini akan membantu generasi Z memiliki rumah.

“Karena kalau tidak dilakukan sekarang, kalau ditunda tunda terus Gen Z nggak akan pernah bisa punya rumah, saya bisa jamin itu. Gen Z nggak akan bisa punya rumah, kalau tidak dibantu dari sekarang untuk pendanaan. Jadi memang ini memang sebuah pil pahit yang harus kita ambil,” ungkap Sandiaga melalui postingan Instagram pribadinya @sandiuno dilansir pada Senin, (3/6/2024).

Menteri yang akrab disapa Mas Sandi ini mengungkapkan jika program Tapera tidak segera direalisasikan, nantinya Gen Z akan kesulitan memiliki rumah pribadi di masa depan. Namun, ia mengakui bahwa masyarakat saat ini menghadapi tantangan ekonomi yang berat, terutama di kalangan masyarakat bawah, akibat kenaikan biaya kesehatan, pendidikan, pangan, dan kebutuhan hidup.

“Kalau ditunda-tunda terus Gen Z nggak akan pernah bisa punya rumah. Saya bisa jamin itu, Gen Z nggak akan bisa punya rumah kalau tidak dibantu dari sekarang untuk pendanaan,” ungkap Sandi.

Oleh karenanya, pemerintah masih mencari formula yang tepat sebelum menerapkan kebijakan ini, karena tidak dapat menanggung beban sendiri.

“Harus dicari mekanismenya, nggak bisa semuanya dibebankan kepada pekerja tapi nggak bisa juga semuanya dibebankan kepada pemerintah tapi ada sebuah yang disebut kemitraan,” ucapnya.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.