Beranda Berita Nasional Meriahkan HUT Ke-78 RI, Presiden dan Ibu Iriana Buka Acara Istana Berkebaya

Meriahkan HUT Ke-78 RI, Presiden dan Ibu Iriana Buka Acara Istana Berkebaya

BERBAGI
Meriahkan HUT Ke-78 RI, Presiden dan Ibu Iriana Buka Acara Istana Berkebaya

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo membuka acara Istana Berkebaya yang digelar di Jalan Medan Merdeka Utara, tepat di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu, 6 Agustus 2023. Acara tersebut digelar untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

“Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga menur bunga raflesia, mekar sekuntum merah merona. Citra luhur wanita Indonesia, pribadi anggun dengan kebaya,” ujar Ibu Iriana yang tampil mengenakan kebaya encim khas Betawi berwarna merah.

“Iya, kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan dan bersahaja. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Istana Berkebaya saya nyatakan dibuka,” ujar Presiden Jokowi yang tampil menggunakan pakaian sadariah khas Betawi.

Acara kemudian diawali dengan persembahan tari kolosal bertajuk “Puspawarni Langgeng Jakarta”. Selepas itu, peragaan busana kebaya dimulai, diawali oleh anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), para menteri dan wakil menteri wanita Kabinet Indonesia Maju, hingga para duta besar negara sahabat.

Tampak Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, dan Anggota Wantimpres Putri Kuswisnu Wardani tampil mengenakan kebaya encim.

Selain itu, turut tampil juga dalam peragaan busana kebaya yaitu para None Jakarta, para Puteri Indonesia, para jurnalis wanita, Komunitas Wanita Berkebaya, hingga siswi-siswi sekolah menengah kejuruan (SMK).

Para pementas berjalan di atas panggung peragaan busana atau catwalk sepanjang 200 meter. Peragaan busana tersebut diiringi lagu-lagu daerah Betawi dengan alunan musik keroncong hingga lagu-lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Bunga Citra Lestari.

Peragaan busana kebaya kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari para model profesional yang mengenakan kebaya-kebaya karya desainer lokal. Sebagai penutup gelaran busana, Bunga Citra Lestari tampil membawakan lagu “Badai Pasti Berlalu”.

Tampak hadir dalam acara tersebut yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, sejumlah pimpinan lembaga negara, dan para duta besar negara sahabat.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.