Beranda Food & Resto Nikmatnya Pempek dan Es Kacang Merah Vico

Nikmatnya Pempek dan Es Kacang Merah Vico

BERBAGI
Nikmatnya Pempek dan Es Kacang Merah Vico

Palembang, Haloindonesia.co.id – Palembang adalah surga makanan enak bagi saya. Bayangkan saja, warung pempek bertebaran dipinggir jalan, walaupun merknya beda, namun cita rasanya sama, satu kata untuk pempeknya, enak! Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, awalnya pempek dikenal dengan nama ‘kelesan’, sebutan untuk alat yang digunakan menghaluskan daging ikan berbentuk cembung dengan semacam kuping di sisi yang berhadapan. Memang, cara pembuatan pempek adalah di-‘keles’ (ditekan-tekan di atas semacam alas yang menyerupai papan cucian).

Masih menurut referensi yang sama, nama pempek kemudian menjadi populer di Palembang, diyakini karena dulunya pempek dijual oleh ‘Apek’, sebutan untuk lelaki tua keturunan China. Ketika Apek menjajakan makanan ini ke masyarakat, masyarakat akan memanggilnya dengan ‘pek…pek’, sehingga lama-kelamaan kata ‘pek’ berubah menjadi ‘pempek’.

Makanan tradisional ini dibuat dari daging ikan giling, tepung tapioka atau tepung sagu, air, garam, dan bumbu-bumbu sebagai penambah citarasa. Pengolahannya sendiri terbagi menjadi beberapa tahapan, antara lain penggilingan daging ikan, pencampuran bahan, pembentukan pempek, dan pemasakanTahapan memasak menjadi proses yang penting karena terjadi difusivitas panas dan massa, sehingga berpengaruh pada mutu produk serta masa simpan makanan

Tak lengkap rasanya jika Anda tak singgah di Pempek Vico di dekat PIM (Palembang Indah Mall). untuk mencapainya cukup mudah, anda tinggal mencari anggkutan umum yang melewati PIM, lalu Anda tepat di seberang PIM, Anda akan menemukan Pempek Vico yang terkenal itu.
Harga pempek di sana cukup terjangkau, sekitar Rp 4.400 per buah. Sambil menikmati pempek, jangan lupa memesan es  kacang merah yang seporsinya Rp 17.000.

Awalnya, outlet mereka berlokasi di kawasan Plaju, Kota Palembang. Namun, seiring perkembangan kota berjuluk Bumi Sriwijaya yang kian pesat, akhirnya outlet Pempek Vico pindah ke Jalan Letkol Iskandar hingga sekarang. Kemudian, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di luar kota atau yang rumahnya cukup jauh, produsen pun menyediakan layanan order online.

Ada banyak pilihan pempek yang sudah disediakan Pempek Vico. Konsumen bisa memilih pempek lenjer kecil, pempek telur kecil, pempek adaan atau bulat, pempek kulit, pempek keriting, pempek lenjer besar, dan pempek kapal selam. Selain itu, mereka juga menawarkan aneka kerupuk keriting, kerupuk peser, getas Bangka, kemplang panggang, serta kemplang mangkok.

Jika ingin mencicipi menu lain selain pempek, mereka juga menyediakan mie ayam, tekwan, model, dan beberapa makanan khas Palembang lainnya. Yang  menarik dari Vico, semua bisa dipesan untuk mengirimkan pempek keluar kota melalui jasa ekspedisi.

Jenis Pempek

Pempek Palembang jenisnya ada bermacam macam. Paling tidak ada 10 jenis berbeda untuk pempek.

Pempek Panggang

Tekstur luar dari Pempek Panggang sedikit lebih alot namun bagian tengahnya sangat lunak. Pempek panggang biasanya disajikan dengan tambahan ebi, kecap manis, dan juga cabe ijo.

Pempek Keriting

Pempek kriting memiliki tekstur yang lebih lembut dan biasanya disajikan dengan direbus saja. Namun, tidak sedikit yang menyukai pempek keriting yang digoreng. Bila dimasak dengan cara digoreng akan didapati pempek yang garing.

 

Jenis ini berbentuk seperti bentuk otak. Tekstur pempek Palembang Keriting juga lebih lembut dan biasa disajikan dalam keadaan direbus saja.

Pempek Lenggang

Pempek lenggang dibuat dengan proses dipanggang di atas mangkuk daun pisang. Pempek lenggang merupakan potongan pempek yang dipanggang bersama telur. Namun, banyak juga yang membuat pempek lenggang ini dengan digoreng.

Pempek Bulat Atau Pempek Adaan

Jenis Pempek Palembang satu ini sering juga disebut pempek adaan. Merupakan pempek yang diadon bersama potongan bawang dan santan. Pempek ini tidak melalui proses perebusan dan langsung digoreng. Pempek bulat memiliki aroma yang lebih sedap dan rasa yang lebih gurih.

Pempek Belah

Pempek Palembang belah merupakan pempek lenjer ukuran kecil dan dibelah. Seperti jenis pempek panggang, pempek ini dinikmati dengan ebi, kecap, dan juga cabe ijo untuk yang suka pedas.

Pempek Dos

Jenis Pempek Palembang ini tanpa ikan. Bahan utama pempek dos adalah tepung kanji. Beberapa orang sering menganggapnya sebagai pempek vegetarian. Pempek dos memiliki tekstur lebih garing, namun lebih kenyal dan lembut.

Pempek Kapal Selam

Pempek kapal selam merupakan jenis pempek palembang yang paling populer. Jenis pempek satu ini berisikan telur. Pempek ini bisa dihidangkan dalam ukuran besar dalam ukuran yang lebih kecil.

Pempek Lenjer

Pempek Lenjer disajikan dalam dua ukuran yakni besar serta kecil. Pempek lenjer yang berukuran besar, biasanya disajikan dengan dipotong-potong menjadi kecil sehingga lebih mudah memakannya.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.