Beranda Daerah Pembukaan Pacu Jalur Teluk kuantan Dibuka Menparekraf, Suhardiman Amby Usulkan Kawasan Strategis...

Pembukaan Pacu Jalur Teluk kuantan Dibuka Menparekraf, Suhardiman Amby Usulkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

BERBAGI
Pembukaan Pacu Jalur Teluk kuantan Dibuka Menparekraf, Suhardiman Amby Usulkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Teluk Kuantan, Haloindonesia.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Suhardiman Amby mengajukan Kabupaten Kuansing sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) kepada Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno.

Aspirasi itu disampaikan secara langsung oleh Suhardiman Amby kepada Sandiaga Uno saat pembukaan festival pacu jalur 2022, Ahad (21/8/2022) siang di Lapangan Limuno Telukkuantan.

“Kepada Pak Menteri, kami bermohon agar Kuansing masuk sebagai KSPN. Sampai saat ini, Kuansing belum masuk ke dalam program strategis nasional, karena belum ada pintu masuk,” ujar Suhardiman.

Satu-satunya yang dapat kami banggakan adalah pacu jalur yang terkoneksi dengan 43 air terjun, satu bukit piramid dan belasan danau yang indah,” tambah Suhardiman.

Dikatakan Suhardiman, pacu jalur merupakan budaya yang sudah mendarah daging bagi masyarakat sepanjang aliran Sungai Kuantan dan Indragiri. Pacu jalur sudah berusia ratusan tahun dan sampai saat ini masih tetap eksis.

“Dahulu, pacu jalur dilaksanakan dalam rangka memperingati hari besar Islam. Zaman penjajahan Belanda, pacu jalur dilaksanakan sebagai peringatan hari ulang tahun Ratu Helmina. Sejak Indonesia merdeka, pacu jalur dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI setiap Agustus,” papar Suhardiman.

Pacu jalur iven nasional dilaksanakan di Tepian Narosa Telukkuantan. Kepada Gubernur Riau, Suhardiman meminta agar Tepian Narosa direhabilitasi. “Sebab, kondisinya tidak refresentatif,” katanya.

Festival pacu jalur tahun 2022 dibuka langsung Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno. Hadir juga Wamen ATR, Raja Juli Antoni dan Gubernur Riau, Syamsuar. Selain itu, Kapolda Riau M Iqbal, Wakil Ketua Kejati Riau dan Forkopimda Riau.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.