Beranda Daerah Pemkab Banyuasin Intensifkan Penanaman Cabai Demi Kendalikan Inflasi

Pemkab Banyuasin Intensifkan Penanaman Cabai Demi Kendalikan Inflasi

BERBAGI
Pemkab Banyuasin Intensifkan Penanaman Cabai Demi Kendalikan Inflasi

Pangkalan Balai, Haloindonesia.co.id – Dalam rangka menjaga stabilitas harga di pasar, Pemerintah Kabupaten Banyuasin mendorong penanaman cabai secara massal dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong di sekitar lingkungan.

Penanaman simbolis tersebut dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin, H. Hani S Rustam, SH, bersama dengan beberapa Kepala Perangkat Daerah (KPD) dan Kelompok Tani (Poktan) Maju Bersama 04 di halaman samping TK Al-Fatih Kelurahan Mulya Agung, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin pada hari Senin (20/5/2024).

Hani menjelaskan bahwa cabai yang ditanam akan tumbuh subur dan dapat dimanfaatkan oleh kelompok tani untuk dijual atau dikonsumsi oleh anggota Poktan dan masyarakat sekitar, sehingga dapat membantu mengurangi pengeluaran sehari-hari.

Selain cabai, lanjutnya, di lahan tersebut juga ditanami tanaman melon yang sudah menghasilkan untuk Poktan setempat.

“Saya yakin dengan upaya ini dapat mengatasi gejolak harga paling tidak dikawasan Banyuasin III,” ucapnya saat dibincangi usai penanaman cabai bersama.

Dia menambahkan bahwa Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu daerah penghasil cabai terbesar seperti daerah lainnya. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar Sekolah, Kantor, hingga halaman rumah, bahkan menggunakan polibag, untuk menanam sayuran, khususnya cabai, seperti yang telah dilakukan oleh Poktan Maju Bersama.

“Pemkab Banyuasin terus mendukung para Petani yang ada di Banyuasin dengan memberikan stimulan sekaligus semangat untuk Poktan berupa Bibit hingga kelengkapan peralatan pertanian seperti Hand Sprayer, tentunya dengan yang sudah modern menggunakan teknologi elektrik, agar lebih giat dalam bertani,” pungkasnya.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.