Beranda Daerah Pemkab Sarmi Sambut Baik kehadiran KRI Teluk Weda 526

Pemkab Sarmi Sambut Baik kehadiran KRI Teluk Weda 526

BERBAGI
Pemkab Sarmi Sambut Baik kehadiran KRI Teluk Weda 526

Sarmi, Haloindonesia.co.id – Kehadiran KRI Teluk Weda 526 di pelabuhan Sarmi di sambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi, Minggu (18/6/2023).
Komandan KRI Teluk Weda, Letkol Laut , Ricki Tachomariyanto saat melakukan pertemuan dengan Kepala OPD dan jajaran Pimpinan TNI-Polri di atas kapal perang tersebut, menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi dan seluruh jajaran TNI dan Polri serta segenap masyarakat Sarmi.

Selanjutnya Ricki menyampaikan pihaknya TNI AL dan Koarmada lll siap memberikan dukungan terhadap kegiatan pembangunan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sarmi kedepannya.

Ricki menambahkan, maksud kedatangan KRI Teluk Weda 526 yang pertama kali sandar di pelabuhan Sarmi ini, bertujuan untuk melaksanakan tugas keamanan dan kedaulatan NKRl, selain itu juga dalam rangka peresmian kantor Lanal Sarmi, bakti sosial, dan Literasi Indonesia Timur yang kegiatannya dilaksanakan di atas kapal, yaitu lomba mewarnai, baca puisi dan menyiapkan buku-buku yang bisa langsung dibaca yang didistribusikan dari Perpustakaan Nasional, serta mengenalkan potensi bahari maritim Indonesia Timur dalam rangka memberikan edukasi kepada anak-anak di daerah Sarmi.

Sebagai Koarmada III, Ricki menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program pemerintah untuk menyukseskan Program Literasi Indonesia Timur, selain itu juga Ricki mengajak anak-anak mencintai buku dan gemar menulis.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan membantu memberantas buta huruf dengan cara memberikan pengajaran baca tulis singkat terutama untuk anak-anak yang hidup dan tinggal di daerah pesisir.

Selain itu, Ricki mengatakan, pihaknya ikut memfasilitasi Perpustakaan Nasional dan Komunitas Kargo Baca untuk dapat menyalurkan buku-buku berkualitas bagi anak-anak terutama yang sulit dijangkau.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sarmi, Ir. Ronny Sandang, M.MT, mewakili Pj Bupati Sarmi, menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi sangat mengapresiasi kehadiran KRI Teluk Weda 526 dan mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pihak TNI AL di daerah ini.

Pada kesempatan tersebut Kepala PUPR, Ronny mewakili pemerintah daerah menyampaikan pula harapannya agar TNI AL dapat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan agenda Pemerintah Kabupaten Sarmi yaitu kegiatan Sail Teluk Cenderawasih yang akan dilaksanakan pada bulan September 2023 nanti, dan juga upacara hari Kemaritiman di Pulau Wakde.

Diketahui, KRI Teluk Weda 525 ini akan berada di Sarmi selama kurang lebih satu minggu, dan melakukan berbagai kegiatan yang dijadwal akan berakhir pada tanggal 21 Juni 2023.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.