Beranda Daerah Pertama di Indonesia, KAI Divre II Hadirkan Kereta Bagasi Sepeda di KA...

Pertama di Indonesia, KAI Divre II Hadirkan Kereta Bagasi Sepeda di KA Lokal

BERBAGI
Pertama di Indonesia, KAI Divre II Hadirkan Kereta Bagasi Sepeda di KA Lokal

Padang, Haloindonesia.co.idPT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatera Barat resmi meluncurkan inovasi bagasi sepeda non lipat pada KA Sibinuang relasi Padang-Pariaman-Naras (PP), di Stasiun Padang, pada Sabtu (20/11).

Seremonial peresmian dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Walikota Pariaman Genius Umar, VP Divre II Sumbar Miming Kuncoro.

Inovasi bagasi sepeda non lipat di KA Sinabuang ini telah menjalani serangkaian uji coba sehingga saat ini fasilitas tersebut telah siap digunakan masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api dan sepeda.

Vice President Divre II Sumbar, Miming Kuncoro dalam sambutannya menjelaskan bahwa kereta bagasi sepeda tersebut dapat memuat hingga 12 sepeda non lipat. Fasilitas tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh penumpang KA.

‘’Cukup dengan membeli tiket Rp 5000 di KA Sibinuang, masyarakat sudah bisa mendapat akses bagasi sepeda bagi yang ingin membawa sepedanya naik ke dalam kereta api,’’ tutur Miming.

Untuk penggunaan bagasi sepeda non lipat, masyarakat bisa melakukan pemesanan tambahan melalui KAI Access ketika memesan tiket.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy memberikan apresiasi kepada KAI atas inovasi layanan ini karena sejalan dengan rencana pemerintah daerah untuk mereaktivasi jalur kereta Naras-Sungai Limau.

Ia juga menyampaikan bahwa inovasi yang diluncurkan oleh KAI ini sangat membantu Sumatera Barat dalam hal peningkatan kualitas transportasi dan juga membantu dalam peningkatan pariwisata daerah.

‘’Maka dari itu, mari kita berwisata ke Pariaman menggunakan sepeda non lipat dan kereta api,’’ imbuh Audy.

Walikota Pariaman, Genius Umar menyambut baik inovasi dari KAI yang memberikan fasilitas bagasi sepeda ini. Menurutnya, hal tersebut bisa menumbuhkan minat masyarakat dan pengguna transportasi untuk memilih kereta api sebagai transportasi andalan dan memenuhi keinginan masyarakat.

“Ini bisa menjadi peningkatan ekonomi nantinya bagi pedagang dan masyarakat Kota Pariaman,” ujar Genius.

Senada dengan Walikota Sumbar, Miming Kuncoro berharap dengan hadirnya fasilitas bagasi sepeda non lipat ini bisa meningkatkan jumlah penumpang kereta, terutama bagi yang suka membawa sepeda.

Inovasi ini juga diharapkan bisa menjadi ajakan bagi masyarakat untuk kembali semangat berolah raga di masa pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.