Beranda Daerah Pesan Pj. Bupati Banyuasin: PPK Diminta Menjaga Amanah dan Jiwa Profesionalisme

Pesan Pj. Bupati Banyuasin: PPK Diminta Menjaga Amanah dan Jiwa Profesionalisme

BERBAGI
Pesan Pj. Bupati Banyuasin: PPK Diminta Menjaga Amanah dan Jiwa Profesionalisme

Palembang, Haloindonesia.co.id – Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH hadir dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banyuasin Tahun 2024 di Emilia Hotel pada hari Kamis (16/5/2024).

Hani Syopiar Rustam menegaskan pentingnya semangat bagi anggota PPK yang baru dilantik. PPK dipilih oleh komisioner dan memiliki peran krusial dalam menentukan kesuksesan penyelenggaraan Pilkada.

“Utamakan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi, jaga amanah dan profesionalitas atas tugas yang diemban agar penyelenggaraan Pilkada berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Kemudian, Hani mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak terlibat dalam politik praktis. Semua individu atau pegawai yang menerima gaji dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diwajibkan untuk tetap netral, termasuk kepala desa.

“Sebagai kepala daerah saya harus menyampaikan ini untuk mengingatkan kalian semua,” tuturnya.

Hani juga memberikan peringatan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk berhati-hati dalam proses seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan tidak menggunakan praktik politik uang. Bagi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), diharapkan untuk mempelajari dan memahami setiap tahap dalam pemilihan umum secara komprehensif, serta bekerja secara solid.

Upaya harus dilakukan agar hasil Pemilihan Kepala Daerah sesuai dengan data yang faktual, dan untuk menghindari kelalaian dalam pengunggahan data karena keterlambatan. Semoga selamat dan diberikan amanah untuk berhasil mengawal jalannya pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Banyuasin, Aang Midharta, ST menyampaikan bahwa tugas pokok PPK sangat penting mengingat PPK merupakan perpanjangan KPU, merupakan bagian penentu kesuksesan KPU.

“Kepada semua PPK yang dilantik selamat dan laksanakan tugas dengan baik dan jaga marwah KPU dalam pelaksanaan Pilkada. Kita harus memiliki semangat untuk menciptakan Pilkada “Zero Konflik”, ” paparnya.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Sumsel Divisi Hukum dan Pengawas, H. Nurul Mubarok, SH,. M. Si mengucapkan terima kasih atas ketersediaan Pj. Bupati Banyuasin hadir dalam pelantikan ini.

“Pelantikan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Salah satu tugas PPK wajib mengikuti intruksi KPU,” ucap Nurul.

Acara ditutup dengan sambutan dari Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin, Irian Setiawan, SH., M. Si, yang menyoroti penggunaan dana hibah yang telah disetujui oleh DPRD serta alokasi dana sharing provinsi untuk keperluan operasional.

Hal ini dipertimbangkan karena Kabupaten Banyuasin memiliki luas wilayah yang berbeda dengan daerah lain.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten I Setda Kabupaten Banyuasin, Ir. H. Izromaita, M. Si, Kepala Kesbangpol Kabupaten Banyuasin, H. Adam Ibrahim, SE., M. Si, dan Anggota PPK dari seluruh Kecamatan Banyuasin.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.