Beranda Berita Nasional Presiden Jokowi Buka Suara Soal Potongan Gaji Karyawan Untuk Iuran TAPERA

Presiden Jokowi Buka Suara Soal Potongan Gaji Karyawan Untuk Iuran TAPERA

BERBAGI
Presiden Jokowi Buka Suara Soal Potongan Gaji Karyawan Untuk Iuran TAPERA

Jakarta, Haloindonesia.co.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan regulasi terbaru mengenai iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 yang memperbarui Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat.

Salah satu aspek dari regulasi yang diterbitkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi adalah ketentuan mengenai potongan iuran bagi pekerja yang menjadi peserta Tapera. Pasal 5 Peraturan Pemerintah tentang Tapera menetapkan bahwa peserta Tapera adalah pekerja yang berusia minimal 20 tahun atau sudah menikah dan memiliki penghasilan setidaknya sebesar upah minimum.

Tingkat simpanan juga beragam. Bagi pegawai perusahaan, pemberi kerja menanggung 0,5 persen dan pekerja menanggung 2,5 persen. Namun, bagi pekerja lepas, mereka bertanggung jawab atas seluruh iuran, sebesar 3 persen. Kebijakan pemotongan gaji bagi karyawan swasta atau buruh yang berlaku mulai 10 Juni 2024 memicu beragam respons di masyarakat.

Dengan demikian, Presiden Jokowi buka suara soal rencana pemerintah untuk mewajibkan pekerja berusia minimal 20 tahun menjadi peserta Tapera dan menjalani potongan gaji sebesar 2,5 persen untuk Tabungan tersebut.

Presiden Jokowi menyadari bahwa kebijakan ini akan menimbulkan berbagai pro kontra di masyarakat. Ia juga mengungkapkan bahwa masalah serupa terjadi saat pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional untuk peserta non penerima bantuan iuran yang ditanggung oleh pemerintah.

Jokowi mencatat bahwa saat itu juga ada perbedaan pendapat. Namun, setelah program itu berjalan dan masyarakat mulai merasakan manfaat dan semuanya berjalan dengan baik-baik saja.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.