Beranda Berita Nasional Presiden Jokowi Pastikan Program Bantuan Beras Berlanjut hingga Desember

Presiden Jokowi Pastikan Program Bantuan Beras Berlanjut hingga Desember

BERBAGI
Presiden Jokowi Pastikan Program Bantuan Beras Berlanjut hingga Desember

Papua, Haloindonesia.co.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan program bantuan pangan beras sebanyak 10 kilogram per bulan bagi masyarakat penerima manfaat akan terus berlanjut hingga Desember.

Hal itu ia sampaikan saat meninjau stok beras dan menyerahkan bantuan cadangan pangan pemerintah di Gudang Bulog Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Kamis (27/6/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi juga menanyakan kepada penerima manfaat apakah sudah menerima bantuan pangan dari Januari hingga Juni.

“Januari sudah dapat? Februari sudah? Maret sudah? April sudah? Mei sudah? Yang diterima ini Juni? Setelah Juni nanti Agustus, Oktober, Desember. Sampai Desember diteruskan ya,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Jokowi menyebut, penghitungan cermat dilakukan untuk memastikan kecukupan dana guna menggulirkan bantuan pangan. Apalagi program tersebut dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Itu sudah kita hitung-hitung di APBN diteruskan atau enggak. APBN cukup enggak. Karena ini duit triliunan, gede banget. Beras kurang lebih 10 kilogram per bulan untuk 22 juta masyarakat kita,” jelasnya.

Jokowi menjamin bahwa Bulog memiliki stok beras yang mencukupi dengan tersedianya 1,7 juta ton secara nasional dan 1.500 ton khusus di Gudang Bulog Buntok.

Akan tetapi dari segi fluktuasi harga, saat ini beras mengalami kenaikan mengikuti harga pangan di seluruh dunia yang tengah naik imbas penurunan produksi.

“Kenapa produksinya turun? Karena ada gelombang kekeringan, gelombang panas yang panjang di negara-negara lain, bukan hanya Indonesia,” jelas Jokowi.

Pemerintah berkomitmen untuk terus berupaya menggenjot produksi beras agar harganya stabil atau bahkan turun. Namun tetap memperhatikan aspek keseimbangan antara kepuasan petani dan keterjangkauan harga untuk konsumen.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Pj. Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan, dan Pimpinan Bulog Wilayah Kalimantan Tengah Budi Cahyanto diketahui turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut. (ARS)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.