Beranda Hot News Goverment Program Refarming Pita Radio 2,1 GHz Mendekati 50 % Coverage

Program Refarming Pita Radio 2,1 GHz Mendekati 50 % Coverage

BERBAGI

Jakarta, Halo Indonesia – Pada tanggal 1 November 2017, Menteri kominfo telah menetapkan PT. Hutchison 3 Indonesia (H3I) dan PT. Indosat, Tbk. (Indosat) sebagai Pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.1 GHz. Untuk optimalisasi pita radio 2.1 GHz, maka telah dilakukan penataan ulang di antara para operator seluler yang menduduki pita radio 2.1 GHz yang dimulai 21 November 2017 dan direncanakan selesai 25 April 2018.

Proses refarming sendiri memerlukan kerja dan pemantauan 24 jam khususnya pada waktu melewati tengah malam hari karena pada jam-jam tersebutlah proses perpindahan kanal frekuensi radio dilakukan. Tim yang secara intensif bekerja adalah dari masing-masing operator, Tim dari Ditjen Sumberdaya Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) bersama Komisi Regulasi Telekomunikasi (KRT),  serta Balai Monitoring Radio yang terjadwal pengalihan kanal.  Saat ini pencapaian refarming hampir 50% coverage wilayah nasional dengan utamanya wilayah Papua, Maluku dan Kalimantan telah berhasil ditata ulang pita radio 2.1 GHz nya. Sementara wilayah lainnya masih terus dilakukan secara bertahap sesuai dengan penjadwalan teknis dari Ditjen SDPPI.

Tim Teknis Refarming dari Ditjen SDPPI menyampaikan bahwa kendala-kendala yang terjadi selama pelaksanaan proses refarming dapat teratasi dengan baik, seperti terhadi beberapa kali BTS down namun dapat segera diatasi. Sehingga proses refarming tetap berjalan dengan lancar. Diharapkan pelaksanaan proses refarming secara keseluruhan dapat diselesaikan sampai dengan 25 April 2018 dengan upaya pelaksanaan senantiantiasa dengan penuh kehatian-hatian.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.