Beranda Frame Ratusan SPKLU PLN Siap Bantu Pemudik Gunakan Mobil Listrik

Ratusan SPKLU PLN Siap Bantu Pemudik Gunakan Mobil Listrik

BERBAGI
Ratusan SPKLU PLN Siap Bantu Pemudik Gunakan Mobil Listrik

Jakarta, Haloindonesia.co.id – PT PLN (Persero) memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik selama masa mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Salah satunya, PLN menyiapkan sebaran SPKLU sebanyak 616 SPKLU di 237 lokasi di Indonesia, diantaranya terletak pada rest area jalan tol di jalur mudik yakni di sembilan titik di Tol Trans Jawa, dan enam titik di Tol Trans Sumatra.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen untuk menyiapkan ekosistem yang mumpuni bagi pengguna electric vehicle (kendaraan listrik) di Indonesia. “PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya,” kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Selasa (4/4/2023).

Darmawan mengatakan, hingga saat ini total 616 SPKLU yang tersebar di 237 lokasi di Indonesia dapat dimanfaatkan oleh pengguna kendaraan listrik. Seluruh SPKLU ini menurutnya, siap melayani pengisian daya kendaraan listrik saat mudik lebaran.

Sedangkan 9 lokasi SPKLU yang berada di rest area_di sepanjang Tol Trans Jawa diantaranya: Rest Area Kilometer 519 A (Solo-Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi-Solo), Rest Area KM 389 B (Batang-Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang-Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono-Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci), Rest Area 208 B (Palikanci), Rest Area KM 10,6 Tol Jagorawi, dan Rest Area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

Selanjutnya, untuk SPKLU di Tol Trans Sumatra yang bisa digunakan diantaranya; Rest Area KM 20 B Lampung (Tol Bakauheni-Kayu Agung), Rest Area KM 49 A Lampung-Palembang, Rest Area KM 163 A Lampung Tengah, Rest Area KM 172 B Tulang Bawang Barat, Rest Area KM 269 Terpeka (Tol Bakauheni-Kayu Agung), dan Rest Area KM 277 Terpeka (Tol Bakauheni-Kayu Agung). “Kami terus memperbanyak SPKLU untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat beralih ke kendaraan listrik. PLN berkomitmen untuk mendukung ekosistem yang mumpuni dan andal bagi pengguna kendaraan listrik (EV) di Indonesia,” kata Darmawan.

Darmawan melanjutkan, SPKLU ini didukung dengan tiga jenis pengisian daya yang siap beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di antaranya jenis medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging. Adapun sebaran 616 SPKLU yang tersebar pada 237 lokasi; Pulau Jawa 171 lokasi, Bali 34 lokasi, Sumatra 35 lokasi, Kalimantan 12 lokasi, Sulawesi 14 lokasi, Maluku 2 lokasi, Nusa Tenggara 9 lokasi dan Papua 2 lokasi. Lokasi tersebut dapat di cek melalui aplikasi PLN Mobile.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.