Beranda Daerah Refleksi Diri Menuju Maju di Momen Hari Ulang Tahun Ke-16 Yalimo

Refleksi Diri Menuju Maju di Momen Hari Ulang Tahun Ke-16 Yalimo

BERBAGI
Refleksi Diri Menuju Maju di Momen Hari Ulang Tahun Ke-16 Yalimo

Papua, Haloindonesia.co.id – Kabupaten Yalimo merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 pada Jumat, 21 Juni 2024. Acara tersebut diselenggarakan di aula Dinas Pendidikan, Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua.

Sekretaris Daerah Kabupaten Yalimo Isak Yando mengatakan, meski terbilang masih berusia muda, daerah yang terdiri dari 5 distrik ini terus berkomitmen untuk melakukan perubahan menuju Yalimo yang maju dan sejahtera.

“21 Juni 2008 itu menjadi hari ulang tahun Kabupaten Yalimo dan usia sekarang sudah 16 tahun. Berarti (masih) baru dibandingkan kabupaten-kabupaten yang lain,” ujar Isak.

Menurut Isak, perayaan ini menjadi momen refleksi diri bagi seluruh pimpinan daerah untuk terus memacu diri menuju Yalimo yang mandiri. Diperlukan sinergitas yang erat antar aparat TNI, Polri, dan seluruh pemangku kepentingan.

“Kami harapkan dari pemerintah untuk ulang tahun seperti ini pimpinan-pimpinan, perangkat daerah, TNI Polri dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Yalimo mengingatkan bahwa usia sekarang sekian, berarti sudah maju belum, hari ini mengingatkan kembali HUT ke-16 Yalimo,” jelas Isak.

Berbagai upaya dilakukan melalui program-program yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Hal itu sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah yang berdasarkan pada pemberdayaan yang bersumber dari kearifan lokal.

Sebagai langkah awal, pemerintah Yalimo akan terus memperbaiki diri dari segi fasilitas, infrastruktur, dan sumber daya yang ada.

“Kalau visi misi yang sekarang berdasarkan sumber daya kearifan lokal itu sudah ada di rencana programnya kami, untuk pengembangan SDA berbasis kearifan lokal sumber daya alam, sumber daya buatan, dan sumber daya yang lain,” kata Isak.

“Pertama infrastruktur dulu, jalan, jembatan kemudian bangunan fisiknya. Kalau sudah ini kemudian yang kedua sumber daya SDM-nya masyarakat lokal. Kalau sudah terjamin, kita bisa menggunakan (kerjasama dengan) pihak luar,” lanjut dia. (ARS)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.