Beranda Frame Rumah Sakit Terapung Unair Masuk Nominasi THE Awards Asia 2023

Rumah Sakit Terapung Unair Masuk Nominasi THE Awards Asia 2023

BERBAGI
Rumah Sakit Terapung Unair Masuk Nominasi THE Awards Asia 2023

Sumenep, Haloindonesia.co.idUniversitas Airlangga (Unair) kembali mencatatkan prestasi membanggakan pada pertengahan tahun 2023. Kali ini, Unair berhasil menembus nominasi pada ajang THE Awards Asia 2023 yang berlangsung di The Chinese University of Hongkong.

THE Awards Asia merupakan salah satu ajang bergengsi internasional yang bergerak di bidang pendidikan tinggi. Ajang ini menjadi wadah untuk mengukur dan menilai beberapa indikator keunggulan perguruan tinggi, seperti halnya kepemimpinan hingga kinerja kelembagaan dengan standar internasional.

Dalam ajang bergengsi tersebut, Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) berhasil menembus nominasi delapan besar pada kategori Outstanding Contribution to Regional Development.

Keberhasilan RSTKA Unair menembus nominasi tersebut didasarkan pada indikator penilaian khusus serta ketetapan para juri. Untuk diketahui, para juri dalam ajang ini di antaranya berasal dari perguruan tinggi bergengsi dunia, seperti halnya Simon Marginson (University of Oxford), Vijay Kumar (Massachusetts Institute of Technology), dan Fernando Reirners (Hardvard Graduate School of Education).

Kontribusi RSTKA

dr Agus Harianto SpB(K) selaku Direktur RSTKA mengatakan bahwa RSTKA merupakan sebuah karya dari UNAIR yang memiliki tujuan mendukung pemerataan layanan kesehatan di Indonesia. RSTKA memberikan jawaban atas kondisi kesenjangan serta sulitnya akses kesehatan, khususnya bagi masyarakat pesisir dan perbatasan.

“RSTKA telah berhasil memberikan berbagai layanan kesehatan pada masyarakat di daerah-daerah yang belum terjamah akses kesehatan. Dalam perjalanannya, ribuan nyawa telah terselamatkan berkat kehadiran kapal pinisi ini,” ujar dr Agus, Kamis(22/6/2023).

Tidak berhenti di situ saja, RSTKA juga menunjukkan peran dan kontribusi pentingnya dalam menangani pandemi Covid-19, khususnya di Madura. Dengan membawa misi Maduranese Awareness of Covid-19, para tenaga medis RSTKA UNAIR berhasil mengedukasi masyarakat lintas pulau tentang pencegahan, penanganan, hingga dampak pandemi Covid-19.

“Selama satu bulan, RSTKA berlayar ke Kabupaten Sumenep, Madura. Setidaknya 12 pulau kecil telah kami kunjungi untuk memberikan edukasi tentang Covid-19 pada September 2021 lalu,” ungkapnya.

Selain itu, RSTKA juga berperan penting dalam program vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur. Dalam kurun waktu tiga bulan, sebanyak 25 tenaga medis telah memberikan layanan kesehatan dan vaksinasi Covid-19 kepada sekitar 3.000 penduduk di pesisir timur Pulau Jawa.

Pada akhir, dr Agus berharap agar RSTKA besutan UNAIR ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, RSTKA juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam melakukan pemerataan akses kesehatan di seluruh Indonesia.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.