Beranda Daerah Sambut Pemilu Serentak 2024, Ormas Diminta Ikut Jaga Perdamaian dan Cegah Peredaran...

Sambut Pemilu Serentak 2024, Ormas Diminta Ikut Jaga Perdamaian dan Cegah Peredaran Narkoba

BERBAGI
Sambut Pemilu Serentak 2024, Ormas Diminta Ikut Jaga Perdamaian dan Cegah Peredaran Narkoba

Tanjung Selor, Haloindonesia.co.idGubernur Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum membuka kegiatan Sosialisasi Pendaftaran dan Pelaporan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di wilayah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bertempat di Hotel Pangeran Khar, Selasa (13/6/2023).

Sosialisasi kali ini mengangkat tema, ‘Peran Ormas dalam Mendukung Perencanaan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika, serta Menjaga Ketertiban Umum menjelang Pemilu dan Pilkada 2024’.

“Kita mengetahui bahwa ormas merupakan wadah masyarakat sebagai wujud adanya kebebasan berserikat dan upaya partisipasi dalam mengembangkan demokrasi serta menjadi mitra pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Gubernur Kaltara Zainal Paliwang saat membacakan sambutan.

Selain itu, peran Ormas dalam konteks sosial politik diantaranya ialah menjaga stabilitas ketertiban dan keamanan, serta menopang persatuan dan kesatuan bangsa.

Menilik tema diatas, Provinsi Kaltara memberikan perhatian lebih terhadap peredaran dan dan penyalahgunaan narkotika di wilayah Kaltara.

Data Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2019 menyebutkan bahwa, angka prevalensi Provinsi Kaltara kategori setahun pakai narkoba mencapai 1,20 persen atau setara dengan 4.170 orang. Sedangkan kategori pernah pakai sampai tahun 2019 mencapai 1,70 persen.

“Untuk itu saya mengajak kita semua untuk berupaya mengatasi permasalahan peredaran dan penyalahgunaan narkotika melalui peningkatan pengawasan di perbatasan, penguatan program rehabilitasi, dan pendekatan masyarakat melalui kampanye dan sosialiasi kepada masyarakat serta Saya berharap adanya sinergi antara Pemerintah dan Ormas dalam pencegahan narkotika,” sambung Gubernur Zainal.

Lain daripada itu, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2024, Gubernur mengajak Ormas untuk berperan aktif dan berpartisipasi dalam upaya menjaga kedamaian di tengah masyarakat.

Gubernur juga meminta kepada Ormas untuk menyelenggarakan dialog untuk mempromosikan toleransi dan persatuan diantara masyarakat.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan tentang bahaya narkotika serta pentingnya kolaborasi jajaran pemerintah dengan masyarakat dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Selanjutnya Saya mengajak kepada Ormas untuk berperan aktif menjaga kedamaian, menghindari konflik, dan berpartisipasi dalam pemilihan dengan penuh rasa tanggung jawab,” tutup Zainal Paliwang.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.