Beranda Frame Sekjen Kemendagri Ungkap Kunci Sukses Otonomi Daerah: Pemda Harus Prioritaskan Pelayanan Masyarakat

Sekjen Kemendagri Ungkap Kunci Sukses Otonomi Daerah: Pemda Harus Prioritaskan Pelayanan Masyarakat

BERBAGI
Sekjen Kemendagri Ungkap Kunci Sukses Otonomi Daerah: Pemda Harus Prioritaskan Pelayanan Masyarakat

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro membeberkan kunci sukses penerapan otonomi daerah.

Menurutnya dalam penerapan sistem otonomi daerah, kepemimpinan yang kuat dari kepala daerah menjadi salah satu faktor kunci dalam mendorong kemajuan suatu daerah.

Hal ini mengingat sistem otonomi daerah yang memberikan sejumlah kewenangan terkait urusan pemerintahan kepada pemerintah daerah (Pemda).

Suhajar menyampaikan hal tersebut ketika membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan III Tahun 2024 di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Jakarta, pada hari Rabu (21/2/2024).

Namun, menurut Suhajar, kepemimpinan yang kuat dari kepala daerah tidak akan efektif jika kepala perangkat daerah tidak memberikan dukungan secara optimal.

Maka, variabel kedua dalam kesuksesan otonomi daerah adalah kemampuan perangkat Pemda, karena mereka bertugas melaksanakan kebijakan yang ditetapkan oleh kepala daerah.

“Yang ketiga adalah partisipasi dan kontrol masyarakat, karena yang dilayani adalah masyarakat,” ucap Suhajar.

Dirinya menekankan bahwa Pemda harus memberi prioritas pada pelayanan kepada masyarakat, termasuk dengan menyediakan layanan yang mudah, cepat, terjangkau, bahkan gratis.

“Dan fungsi pemerintahan adalah pelayanan untuk melahirkan keadilan, pembangunan untuk melahirkan kesejahteraan, pemberdayaan untuk melahirkan kemandirian, dan pengaturan untuk melahirkan ketertiban,” ucap Suhajar. (HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.