Beranda Frame Sekjen Kemhan Pimpin Rapat Pembahasan Pemberangkatan Kapal Rumah Sakit TNI ke Mesir

Sekjen Kemhan Pimpin Rapat Pembahasan Pemberangkatan Kapal Rumah Sakit TNI ke Mesir

BERBAGI
Sekjen Kemhan Pimpin Rapat Pembahasan Pemberangkatan Kapal Rumah Sakit TNI ke Mesir

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Bertempat di ruang Rapat Palapa Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI (Sekjen Kemhan RI) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto memimpin rapat pembahasan pemberangkatan kapal rumah sakit TNI ke Mesir (9/11).

Kegiatan ini menindaklanjuti inisiatif dan janji Menhan Prabowo Subianto yang disampaikan kepada Duta Besar Palestina Yang Mulia Dr. Zuhair S.M. Al Shun beberapa waktu yang lalu.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri sejumlah pejabat terkait dari Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, TNI AL, Kementerian luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Keuangan. Tujuan dari pertemuan tersebut untuk memperoleh masukan dari berbagai instansi terkait mengenai hal – hal teknis untuk pelaksanaan dari rencana tersebut. Ini mengingat bahwa kegiatan tersebut sangat kompleks karena melibatkan banyak pihak di dalam dan di luar negeri serta memerlukan berbagai perijinan.

“Kita memang merencanakan pengiriman kapal rumah sakit TNI ke Mesir. Tapi ini situasinya sangat kompleks permasalahannya. Sehingga saya juga minta masukan apakah rencana yang kita buat tersebut atau yang direncanakan oleh Pemerintah Indonesia tersebut dapat dilakukan”, kata Sekjen Kemhan.

Menurut Sekjen Kemhan, Menhan Prabowo telah menyampaikan rencana pengiriman kapal rumah sakit TNI ke Mesir kepada Presiden Joko Widodo dan telah disetujui. Adapun kapal rumah sakit TNI tersebut direncanakan akan ditempatkan di perairan Mesir sehingga cukup dekat untuk memberikan bantuan kepada rakyat Palestina yang sangat membutuhkan. Selain itu, direncanakan pula kemungkinan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa rumah sakit lapangan ke sana.

Sekjen Kemhan Pimpin Rapat Pembahasan Pemberangkatan Kapal Rumah Sakit TNI ke Mesir

Sebelumnya Menhan Prabowo Subianto juga telah menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Mesir untuk Indonesia Yang Mulia Ashraf Mohamed Moguib Sultan di kantor Kemhan, pada tanggal 6 November 2023.Pada pertemuan tersebut kedua pejabat berdiskusi mengenai rencana pengiriman kapal rumah sakit TNI ke Mesir dalam rangka membantu rakyat Palestina. Menhan Prabowo juga menyatakan siap atas izin Bapak Presiden untuk terbang ke Kairo, berkoordinasi dengan Menteri Pertahanan Mesir dan berjumpa dengan beberapa tokoh di kawasan tersebut.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.