Beranda Airlines SINGAPORE AIRLINES BUKA LABORATORIUM INOVASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA MENJADI MASKAPAI DIGITAL TERKEMUKA...

SINGAPORE AIRLINES BUKA LABORATORIUM INOVASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA MENJADI MASKAPAI DIGITAL TERKEMUKA DI DUNIA

BERBAGI
SIA SEBAGAI MASKAPAI PERTAMA DI DUNIA DENGAN SISTEM PEMESANAN MAKANAN PREORDER UNTUK PARA PELANGGAN KELAS PREMIUM DI SELURUH JARINGAN PENERBANGAN
Singapore Airlines

Jakarta, Halo Indonesia – Singapore Airlines secara resmi membuka laboratorium inovasi digital yang dinamakan KrisLab. Laboratorium tersebut merupakan bagian dari program investasi signifikan SIA Group yang bertujuan untuk memposisikan SIA sebagai maskapai digital terkemuka di dunia.

Peresmian KrisLab sejalan dengan Inovasi Digital Blueprint milik maskapai yang diluncurkan pada tahun 2018. Dibawah Blueprint ini, SIA bekerja untuk mengembangkan dan mendidik komunitas teknologi penerbangan dan perjalanan digital di Singapura melalui berbagai kerja sama kolaboratif dengan organisasi-organisasi seperti Agency for Science, Technology and Research (A*STAR), National University of Singapore (NUS), dan mitra lainnya, bersama dengan dukungan dari Civil Aviation Authority of Singapore (CAAS) dan Economic Development Board (EDB).

Pembukaan KrisLab di SIA Group Sports Club diresmikan oleh Menteri Perdagangan dan Industri, Mr Chan Chun Sing, yang disaksikan oleh perwakilan dari beberapa organisasi utama yang bekerja sama dengan SIA.

KrisLab berfungsi sebagai ruang kerja kolaboratif untuk karyawan SIA Group dalam mengembangkan ide-ide yang inovatif dan berinovasi dengan berbagai mitra eksternal, perusahaan rintisan (start-up), perusahaan inkubator (incubators) dan perusahaan akselerator (accelerators) yang sudah mapan, sehingga SIA Group dapat sepenuhnya mengaplikasikan digitalisasi dan teknologi dalam segala aspek pada operasi bisnisnya.

Beberapa teknologi tersebut diantaranya seperti blockchain, mixed reality devices, artificial intelligence dan data analytics yang dapat digunakan dandieksplor oleh karyawan SIA ketika mereka mengembangkan inisiatif digitalnya.

“Peluncuran KrisLab merupakan langkah yang signifikan dalam perjalanan program transformasi digital kami dan merangkum ambisi kami untuk menjadi maskapai digital terkemuka di dunia,” ungkap Singapore Airlines CEO, Mr Goh Choon Phong.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan kapabilitas digital kami dengan menyediakan alat dan infrastruktur yang tepat bagi karyawan kami untuk mengembangkan ide mereka, serta dengan bekerja sama dengan berbagai mitra eksternal dan perusahaan rintisan (start-up) untuk membantu memecahkan tantangan-tantangan bisnis yang ada.”

Karyawan kami dapat mengajukan berbagai ide dan solusi untuk dievaluasi oleh tim Laboratorium Inovasi Digital berdasarkan kesiapan teknologi dan implementasinya, serta daya tarik pasar dan strategis. Ketika suatu ide sudah disetujui, pendanaaan awal beserta dengan keahlian milik tim LaboratoriumInovasi Digital akan disediakan untuk mengembangkan ide dan solusi ini lebih jauh menjadi sebuah prototipe, sebelum maju menuju tahap implementasi.

Salah satu inovasi yang sedang dijelajahi di KrisLab melibatkan penggunaan teknologi virtual reality untuk memungkinkan desainer kami seakan-akan memasuki pesawat dan mengeksplorasi atau mengganti konsep desain kabin secara cepat. Hal tersebut  merupakan satu di antara banyak inisiatif yang dijelajahi Maskapai ini untuk meningkatkan operasi dan pengalaman konsumen secara keseluruhan.

Selain membantu para karyawan dalam mengembangkan ide inovasi mereka sehingga membuahkan hasil, tim Laboratorium Inovasi Digital sudah bekerja dengan beberapa institusi riset seperti A*STAR dan NUS untuk melakukan riset pada area teknologi yang mendalam. Hal ini akan memberikan keunggulanyang kompetitif bagi SIA di beberapa area seperti manajemen pendapatan, smart seats, pelatihan virtualdan perawatan pesawat yang dapat diprediksidan yang lainnya.

Desain KrisLab di konseptualisasikan oleh mahasiswa dari LASALLE College of the Arts dalam sebuah kompetisi yang ditujukan untuk memelihara talenta desain generasi muda dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mewujudkan teori yang mereka pelajari di kelas menjadi pengalaman industri yang praktis. Mahasiswa-mahasiswa tersebut kemudian membentuk tim untuk mengembangkan proposal desain mereka di bawah bimbingan dosen LASALLE yang menawarkan pelatihan dan masukan ahli, sebelum dievaluasi oleh panel juri yang terdiri dari veteran industri desain, dosen-dosen serta manajemen senior SIA.Bertepatan dengan dengan pembukaan KrisLab, sejalan dengan tema digital dan inovasi, SIA juga meluncurkan Learning and Innovation For Everyone (LIFE) untuk memelihara pola pikir digital karyawan kami sebagai bagian dari transformasi. LIFE merupakan festival pembelajaran tiga hari untuk karyawan SIA Group yang bertujuan untuk merayakan dan memperkuat budaya inovatif SIA dan mengajak karyawan SIA untuk menerima pembelajaran berkesinambungan melalui pelatihan serta mengaplikasikan kemampuan dan kompetensi baru ini di ruang kerja dan kehidupan sehari-hari mereka.

Selama LIFE festival, karyawan dapat berpartisipasi dalam beberapa lokakarya (workshop) dan menghadiri berbagai presentasi yang dilaksanakan oleh sejumlah pemimpin industri guna melancarkan perjalanan digitalisasi mereka. Mereka juga dapat memperoleh pengalaman dan belajar dari teman sebaya dalam showcase interaktif yang menghadirkan digital dan teknologi baru yang diadopsi oleh SIA Group.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.