Beranda Frame Songsong Pemilu dan Pilkada 2024, BPSDM Kemendagri Perkuat Kompetensi Satpol PP

Songsong Pemilu dan Pilkada 2024, BPSDM Kemendagri Perkuat Kompetensi Satpol PP

BERBAGI
Songsong Pemilu dan Pilkada 2024, BPSDM Kemendagri Perkuat Kompetensi Satpol PP

Bogor, Haloindonesia.co.idBadan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya memperkuat kompetensi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terutama dalam mendukung Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. Upaya ini salah satunya dilakukan melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis bagi Pejabat Fungsional Satpol PP untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Angkatan V dan VI. Diklat ini diadakan di Wisma Tenang, Bogor, mulai tanggal 29 Mei hingga 3 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono menjelaskan beberapa hal terkait peraturan dan tugas Satpol PP yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Regulasi itu menjelaskan pembagian urusan pemerintahan yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Pemda), termasuk urusan pelayanan dasar dan penegakan peraturan daerah.

Sugeng juga menekankan pentingnya mencapai standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan dalam peraturan, terutama yang berkaitan dengan ketertiban dan pelayanan kepada masyarakat. “Dalam konteks menjelang Pemilu, Satpol PP perlu bekerja sama dengan penegak hukum dan lembaga terkait, termasuk Bawaslu, untuk melakukan pemetaan kerawanan dan mencegah konflik yang mungkin timbul. Perlindungan masyarakat juga menjadi salah satu fungsi penting Satpol PP, dengan menjaga ketertiban umum dan menghindari konflik,” jelasnya.

Sugeng menekankan, dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024 peserta Diklat perlu mempersiapkan diri dengan baik. “Pemerintah berperan dalam mengantisipasi dan mencegah konflik, bukan hanya bereaksi setelah terjadi aksi. Kerja sama dengan masyarakat dan berbagai pihak terkait termasuk Satpol PP sangat diperlukan untuk membangun kampanye yang damai meskipun terdapat perbedaan pilihan. Untuk itu, diperlukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang konstruktif dan terintegrasi,” tambahnya.

Dirinya berharap, gelaran Pemilu dan Pilkada Serentak dapat berjalan dengan baik. Selain itu, peserta Diklat mendapatkan pengetahuan yang dapat mendukung tugas-tugas mereka.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.