Beranda Daerah Sosialisasi Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten Sarmi, Penuhi Harapan Berdayakan Orang Asli Sarmi

Sosialisasi Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten Sarmi, Penuhi Harapan Berdayakan Orang Asli Sarmi

BERBAGI
Sosialisasi Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten Sarmi, Penuhi Harapan Berdayakan Orang Asli Sarmi

Sarmi, Haloindonesia.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum RI telah mengeluarkan Keputusan Nomor : 176/HK.01.01/K1/05/2023, tentang Penetapan Anggota Tim Seleksi Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, masa jabatan 2023 – 2028 di seluruh Indonesia. Dan salah satunya adalah Anggota Bawaslu Kabupaten Sarmi periode 2018 – 2023 yang akan berakhir masa jabatannya di tahun ini.

Diketahui pula, bahwa untuk Provinsi Papua,Tim Seleksi dibagi menjadi 2 wilayah, masing-masing terdiri dari :

Wilayah I meliputi Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Kerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya. Dilengkapi Tim Seleksi yang terdiri dari :

Jackson Yumame, S.IP., M.PA, Pdt. Drs. Robert Nerotumalina, MA, Nancy Yoafifi, SE, Ar. Kelana V. Nugroho, IAI, Dr. Kristina Sawen, SH., MH.

Sedangkan untuk, Wilayah II meliputi Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Supiori, dan Kabupaten Waropen.

Serta dilengkapi pula Tim Seleksi antara lain terdiri dari ; Yohanis Manfred Mandosir, S.Gz., M.Kes, Philipus Wairara, M.Pd, Rabiawal, S.KM, Dr. James Modouw, M.MT, Dr. Muslim Nububun, SH., MH.

Untuk menindaklanjuti kewenangan yang telah diberikan oleh Bawaslu RI tersebut, maka Tim Seleksi Wilayah I yang diwakili oleh Dr.Kristina Sawen, SH., MH, Nancy Yoafifi, SE, dan Ar. Kelana V. Nugroho, IAI, bertempat di Aula Pertemuan Distrik Sarmi, Rabu, 24 Mei 2023 telah melakukan Sosialisasi Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten Sarmi yang dihadiri oleh sejumlah Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan.

Mengawali pemaparan, Nugroho menjabarkan tentang jadwal tahapan seleksi termasuk persyaratan pendaftaran.

Kemudian, dilanjutkan oleh Dr. Kristina Sawen, SH., MH yang dalam penyampaiannya mengatakan, “Bahwa Kabupaten Sarmi merupakan kabupaten sejarah, namanya telah menggemah sampai keluar negeri, nah nama besar ini diharapkan akan menciptakan kader-kader terbaik dalam proses pemilihan umum yang akan datang. Oleh karena itu Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Sarmi nantinya adalah orang-orang terbaik.”

Lebih lanjut Dr. Kristina mengharapkan kepada semua yang hadir mengikuti sosialisasi dapat menyampaikan informasi ini kepada semua orang Sarmi dari ‘ombak pecah sampai air menetes’ agar mereka yang punya potensi dapat terlibat dalam proses seleksi dimaksud.

Dalam sesi diskusi/tanya jawab seluruh peserta mengharapkan ada keberpihakan dan pemberdayaan kepada SDM Orang Asli Sarmi diatas tanah leluhurnya.

Tim Seleksi juga akan membuka Perwakilan Sekretariat Tim Seleksi di Kabupaten Sarmi, bertempat di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sarmi.

Mengakhiri pemaparan, Dr. Kristina Sawen, SH., MH meyakinkan bahwa Tim Seleksi akan bekerja jujur melaksanakan proses tahapan seleksi secara transparan dan obyektif guna menghasilkan Anggota Bawaslu Kabupaten Sarmi yang berintegritas.

Dirinya juga menekankan bahwa, khusus untuk kaum perempuan adalah merupakan bagian yang menjadi prioritas dalam seleksi tersebut.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.