Beranda Frame Strategi Percepat Pembangunan di Berbagai Wilayah, Kemendagri: Perbaiki Ketimpangan Antar Daerah

Strategi Percepat Pembangunan di Berbagai Wilayah, Kemendagri: Perbaiki Ketimpangan Antar Daerah

BERBAGI
Strategi Percepat Pembangunan di Berbagai Wilayah, Kemendagri: Perbaiki Ketimpangan Antar Daerah

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengungkapkan berbagai strategi untuk mempercepat pembangunan di berbagai wilayah.

Upaya percepatan ini penting untuk memperbaiki ketimpangan antardaerah, termasuk di wilayah timur Indonesia.

Hal itu disampaikan Yusharto secara virtual saat mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2024 bertajuk “Ekspansi Perdagangan sebagai Kunci Pertumbuhan Ekonomi Nusantara yang Inklusif dan Berkelanjutan”, Selasa (20/2/2024).

Yusharto mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk mengurangi kesenjangan di wilayah timur Indonesia adalah dengan meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi di setiap wilayahnya melalui peningkatan investasi secara cepat.

Ia juga mengingatkan pentingnya diversifikasi sumber pendapatan daerah agar tidak terlalu bergantung pada pajak, karena tingkat pajak yang tinggi dapat menghambat investasi.

Selain itu, diperlukan peningkatan koordinasi antarwilayah dengan mempercepat pembangunan infrastruktur penghubung.

Hal Ini termasuk pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas antara daerah-daerah strategis dan wilayah pendukungnya, serta infrastruktur laut dan udara yang dapat menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan dan mendukung kerja sama regional.

Wilayah juga harus meningkatkan koneksi antara kawasan untuk memperluas layanan dan distribusi dengan menyediakan sarana konektivitas yang memadai di dalam dan antar wilayah.

Penting juga bagi daerah untuk menyediakan transportasi massal yang efisien, baik di darat maupun udara, guna memfasilitasi mobilitas masyarakat serta distribusi barang dan jasa. (HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.