Beranda Frame Terapkan Budaya K3, KAI Raih 2 Penghargaan dari World Safety Organization Indonesia

Terapkan Budaya K3, KAI Raih 2 Penghargaan dari World Safety Organization Indonesia

BERBAGI
Terapkan Budaya K3, KAI Raih 2 Penghargaan dari World Safety Organization Indonesia

Jakarta, Haloindonesia.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih 2 penghargaan dalam ajang WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2021. Penghargaan yang KAI terima adalah Bintang 4 dan CEO Concern Award untuk Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam ajang WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2021.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Chairman of World Safety Organization (WSO) Indonesia Soehatman Ramli kepada Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI John Robertho secara virtual, Rabu (3/3/21). Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada WSO Indonesia atas 2 penghargaan yang diberikan kepada kami. Hal tersebut merupakan kebanggaan dan menjadikan semangat serta motivasi bagi kami Insan KAI untuk terus berkomitmen bekerja dengan selamat, cerdas, dan extraordinary untuk memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia,” ujar John Robertho.

Kategori penghargaan Bintang 4 diperoleh karena KAI menerapkan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja), menjalankan program budaya K3, serta sudah mengukur eksternal atau internal dengan mengikuti kaidah. Adapun predikat CEO Concern Award disematkan kepada Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo karena dinilai telah menjadi pimpinan sebuah perusahaan atau lembaga yang menaruh perhatian tinggi terhadap budaya K3 di organisasinya.

John menjelaskan bisnis KAI adalah bisnis keselamatan. Sehingga untuk menjamin pelanggan selamat sampai di tujuan, KAI membangun Sistem Manajemen Keselamatan Perkeretaapian (SMKP) sesuai ketetapan Kementerian Perhubungan, melakukan pengelolaan keselamatan berbasis risiko, dan program-program lainnya untuk meningkatkan keselamtan perjalanan kereta api.

“Di samping itu, secara periodik jajaran direksi turun langsung melakukan pemeriksaan keselamatan pengoperasian kereta api,” kata John.

K3 adalah sebuah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan industri maupun jasa transportasi seperti KAI. Sehingga KAI senantiasa meningkatkan budaya K3 untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia serta menyediakan sistem transportasi yang aman, efisien, berbasis digital, dan berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.Penghargaan yang diraih KAI pada ajang WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2021

“Penghargaan ini tentu akan menjadi inspirasi bagi kami dalam menerapkan safety culture. Kami berprinsip lebih baik tidak pernah berangkat kereta apinya daripada tidak pernah sampai,” tutup John.

Sementara Chairman of World Safety Organization (WSO) Indonesia Soehatman Ramli mengatakan tujuan dari diadakannya penghargaan WISCA ini adalah untuk mengajak perusahaan-perusahaan agar bersama-sama membangun budaya K3 di tempat masing-masing.

Adapun Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengungkapkan acara penghargaan seperti ini sangat penting dalam rangka memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan program budaya K3 di perusahaan masing-masing.

“Dengan adanya acara penghargaan ini, maka akan memberikan motivasi bagi budaya keselamatan kerja kita di tingkat internasional. Semoga ajang penghargaan ini menjadi momentum yang sangat luar biasa untuk menegakkan budaya K3 di Indonesia,” kata Anwar.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.