Beranda Frame Tingkatkan Kualitas dan Akuntabilitas Pelayanan Publik, Disnav Tanjung Priok Gelar Forum Komunikasi...

Tingkatkan Kualitas dan Akuntabilitas Pelayanan Publik, Disnav Tanjung Priok Gelar Forum Komunikasi Publik “Rempug Bahari”

BERBAGI
Tingkatkan Kualitas dan Akuntabilitas Pelayanan Publik, Disnav Tanjung Priok Gelar Forum Komunikasi Publik

Jakarta, Haloindonesia.co.idKementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok telah menggelar “Forum Komunikasi Publik (Rempug Bahari)” yang bertempat di kantor Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (24/8).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk peningkatan kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta pelayanan di kantor Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok dalam penerapan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum sekaligus sebagai wadah untuk menjalin komunikasi dengan para stakeholder, pengguna jasa, masyarakat dan instansi pemerintah terkait.

Hal ini disampaikan Direktur Kenavigasian, Budi Mantoro dalam sambutannya saat membuka acara.

Transformasi Distrik Navigasi Tanjung Priok sebagai Distrik Navigasi Tipe B yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum merupakan wujud inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhuhungan Laut.

“Dengan tansformasi tersebut, Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok akan dapat mewujudkan penyelenggaraan tugas dan fungsi dengan kinerja tertinggi, serta menguatkan orientasi pada pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan stakeholder dan pengguna jasa di perairan dan pesisir,” ujarnya
Tingkatkan Kualitas dan Akuntabilitas Pelayanan Publik, Disnav Tanjung Priok Gelar Forum Komunikasi Publik "Rempug Bahari"
“Oleh karena itu, Transformasi ini harus diikuti dengan Penguatan Tata Kelola, Standar Pelayanan dan Akuntabilitas. Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok harus mengutamakan kesederhanaan proses, kepuasan pengguna jasa dan integritas,” tambahnya

Adapun di wilayah kerja Distrik Navigasi Tipe-B Tanjung Priok, terdapat 23 (dua puluh tiga) Pelabuhan yang telah menerapkan Sistem Inaportnet, dan 3 (tiga) Pelabuhan (Jakarta, Banten, Panjang) telah menerapkan Single Billing pada SSM Pengangkut.

Melalui sinergitas dengan LNSW, Inaportnet dan Bank Persepsi, Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok telah berproses dalam waktu dekat ini akan menerapkan Sistem Single Billing LNSW untuk proses penagihan dan pembayaran PNBP.

“Dengan menerapkan Sistem Single Billing LNSW ini diharapkan terjadi penyederhanaan proses, peningkatan efisiensi, akuntabilitas, serta kemudahan dalam pengelolaan maupun pengawasan PNBP,” tutupnya
Tingkatkan Kualitas dan Akuntabilitas Pelayanan Publik, Disnav Tanjung Priok Gelar Forum Komunikasi Publik "Rempug Bahari"
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Tipe B Kelas I Tanjung Priok, Raymond Ivan Sianturi mengatakan kegiatan forum kali ini menitikberatkan pada peningkatan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan penunjukan Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok sebagai satuan kerja yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 73 tahun 2023 pada tanggal 28 Februari 2023.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini, saya berharap dapat terwujudnya penguatan integritas dalam penyelenggaraan kenavigasian melalui pembangunan ekosistem peyelenggaraan tugas, fungsi, dan Pelayanan yang beritegritas serta terbebas dari praktik KKN, gratifikasi maupun punguatan liar,” tutupnya

Sebagai informasi, pada kegiatan kali ini menghadirkan narasumber dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Bareskrim Polri. Kemudian juga dilakukan penandatangan pakta integritas bersama Distrik Navigasi Tipe-A, Stakeholder dan Pengguna Jasa terkait.
Adapun agenda kegiatan tersebut berupa sosialisasi Badan Layanan Umum Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok, penguatan komitmen bersama melalui penandatangan pakta integritas oleh Distrik Navigasi Tanjung Priok bersama stakeholder dan Distrik Navigasi Tipe A Palembang, Distrik Navigasi Tipe A Tanjung Emas, Distrik Navigasi Tipe A Teluk Bayur dan Distrik Navigasi Tipe A Tanjung Intan. Selain itu juga dilakukan pembekalan integritas dengan narasumber yang berasal dari Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS-PK), Kedeputian Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) dan Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Dengan agenda ini diharapkan adanya masukan untuk peningkatan layanan publik yang selama ini telah dilakukan oleh Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok serta adanya dukungan untuk menguatkan komitmen dan integritas dalam setiap pelayanan publik yang diberikan.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.