Beranda Frame Tinjau Bandara dan Pelabuhan di Palu, Menhub: Ini Penting Bagi Pertumbuhan Ekonomi...

Tinjau Bandara dan Pelabuhan di Palu, Menhub: Ini Penting Bagi Pertumbuhan Ekonomi Palu

BERBAGI
Tinjau Bandara dan Pelabuhan di Palu, Menhub: Ini Penting Bagi Pertumbuhan Ekonomi Palu

Malinau, Haloindonesia.co.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan terhadap proyek infrastruktur di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Dua proyek tersebut mencakup Bandara Mutiara Sis Al-Jufri dan Pelabuhan Wani.

Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Mutiara Sis Al-Jufri. Bandara ini mengalami kerusakan akibat gempa bumi pada tahun 2018.

Setibanya Menhub Budi di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri. Ia disambut langsung oleh pihak otoritas bandara, Menhub Budi juga secara langsung berinteraksi dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sebelum melakukan pengecekan lokasi peresmian bandara.

“Untuk Bandara Al-Jufri itu ada kerusakan di bangunan terminal, jadi plafonnya runtuh semua, terus lantainya naik semuanya dan bandaranya patah,” ungkap Menhub Budi di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (26/3/2024).

Budi Karya menekankan bahwa bandara ini memiliki peran signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Palu. Selain itu, Bandara Mutiara Sis Al-Jufri juga memiliki kepentingan yang besar bagi para wisatawan.

“Tapi apa yang kita lakukan ini secara langsung memberikan satu tampilan atau aktivasi yang maksimal, sehingga bandara itu sangat representatif untuk dikunjungi wisatawan maupun kegiatan-kegiatan perekonomian,” ucapnya.

Setelah melakukan peninjauan di bandara, Menhub segera melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Wani. Di sana, ia juga memeriksa kesiapan lokasi tersebut sebelum diresmikan oleh Jokowi besok.

Perlu diketahui, peresmian Pelabuhan Wani akan dilakukan bersamaan dengan Pelabuhan Pantoloan yang telah direkonstruksi dan direhabilitasi.

Pelabuhan Wani memiliki fungsi ganda sebagai pelabuhan rakyat dan sebagai bagian dari jalur tol laut. Di sisi lain, Pelabuhan Pantoloan melayani kapal pengangkut kontainer. Menhub berharap bahwa peresmian kedua pelabuhan ini akan memberikan dampak yang besar bagi perkembangan ekonomi Palu.

“Di sini (Pelabuhan Wani) pelayanan rakyat membawa hasil-hasil bumi dan sebagainya. Kita tahu bahwa di sini ini adalah penyangga dari IKN. Jadi sayur, buah-buahan dari Palu paling dekat,” tuturnya.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.