Beranda Frame Tinjau Keselamatan dan Kenyamanan Pemudik, Menhub Resmi Buka Posko Pusat Angkutan Mudik...

Tinjau Keselamatan dan Kenyamanan Pemudik, Menhub Resmi Buka Posko Pusat Angkutan Mudik Lebaran 2024

BERBAGI
Tinjau Keselamatan dan Kenyamanan Pemudik, Menhub Resmi Buka Posko Pusat Angkutan Mudik Lebaran 2024

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara resmi menginisiasi pembukaan Pos Koordinasi (Posko) Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Menurut Menhub, peningkatan jumlah pergerakan masyarakat dalam jumlah besar selama periode mudik harus diantisipasi dengan penyediaan infrastruktur yang handal di semua sektor.

Lebih lanjut, survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub menunjukkan bahwa potensi pergerakan masyarakat selama masa mudik kali ini mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia, atau sekitar 193,6 juta orang.

“Angka ini memang besar dan termasuk di dalamnya pergerakan di dalam kota, antar kota di aglomerasi hingga antar provinsi. Aglomerasi ini seperti di Jabodetabek, Yogyakarta dan sekitarnya maupun Surabaya dan tempat-tempat yang lain,” ungkapnya.

“Tahun lalu juga kita memverifikasi angka 123 juta dengan pergerakan masyarakat melalui mobile positioning, dan angkanya benar. Nah, angka tersebut sebenarnya justru bisa dipakai sebagai peringatan untuk mempersiapkan ini dengan serius,” sambung Menhub.

Kemenhub bersama pihak-pihak terkait berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan mengusung tema Mudik Ceria Penuh Makna pada perayaan Lebaran tahun ini.

Tujuan tersebut agar pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2024 dapat berlangsung dengan keselamatan, kenyamanan, dan kesan yang berarti bagi semua orang.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Menhub mengajukan permintaan kepada semua pihak, baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah, untuk bersiap-siap menyambut dan mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik, terutama di wilayah Jawa Tengah sebagai destinasi utama dan Jawa Timur sebagai daerah asal perjalanan terbesar.

“Sejalan dengan itu, Bapak Presiden juga mengimbau agar masyarakat melakukan mudik lebih awal. Ini penting untuk menghindari penumpukan kendaraan pada puncak arus mudik yang diprediksi jatuh pada tanggal 6 sampai 8 April 2024, serta puncak arus balik pada tanggal 14 April 2024,” ungkap Menhub.

Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 akan beroperasi mulai tanggal 3 April hingga 18 April 2024. Fungsi utama Posko ini adalah untuk memantau sistem transportasi, serta mengkoordinasikan kerja sama antara berbagai pihak terkait.

Posko dilengkapi dengan Command Center yang memungkinkan koordinasi daring dengan petugas di lapangan dari berbagai daerah, serta pemantauan pergerakan penumpang di titik-titik penting transportasi.

(HES)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.