Beranda Daerah Walikota Mojokerto Narasumber Diklat Nasional

Walikota Mojokerto Narasumber Diklat Nasional

BERBAGI
Walikota Mojokerto Narasumber Diklat Nasional

Mojokerto, Haloindonesia.co.id – Sukses membawa Pemerintah Kota Mojokerto hingga meraih penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) pada tahun 2021, Wali kota Ika Puspitasari menjadi Narasumber Diklat Manajemen Strategi Pengembangan Inovasi Daerah Berbasis Sektor Unggulan Wilayah Angkatan II Tahun 2022, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia ini diikuti 30 peserta yang berasal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah / Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Balitbangda / Bappeda) dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dalam materi Mata Diklat “Best Practice” yang disampaikan Wali kota secara daring di Ruang Sabha Pambojana Rumah Rakyat tersebut menjelaskan strategi mengembangkan inovasi berbasis unggulan yang ada di Kota Mojokerto.

“Inovasi adalah jawaban atas berbagai upaya yang menjadi kewajiban kita sebagai “Abdi Negara” untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat, hanya dengan inovasi kita bisa memberi jawaban atas tuntutan masyarakat tersebut,” ungkap Ning Ita, sapaan akrab Wali kota.

Semangat untuk terus berinovasi selalu ditularkan orang nomor satu di Pemkot Mojokerto tersebut kepada seluruh jajaran dibawahnya. Atas komitmen yang kuat serta strategi yang tepat, dalam waktu 3 tahun kepemimpinan Ning Ita telah terlahir 79 inovasi dengan berbagai macam pengembagan dan pembaharuan.

“Inovasi tidak harus selalu memberikan pembebanan anggaran baik kepada pemerintah maupun masyarakat, diupayakan bagaimana kita bisa bersinergi, namun bagaimana melahirkan upaya yang lebih kreatif yang menjawab tantangan zaman,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mempersilahkan daerah lain yang ingin mereplikasi inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Mojokerto selama ini. “Silahkan, kami dengan sangat terbuka akan menerima siapapun yang hadir ke Kota Mojokerto untuk mengetahui bagaimana inovasi kami dan direplikasi di daerah masing-masing,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam rangka memotivasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unit Pelayanan Teknis (UPT), Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto agar setiap tahun senantiasa melahirkan inovasi, Ning Ita mengikatnya dengan Perjanjian Kinerja serta memberikan reaword bagi organisasi yang melahirkan inovasi dan mendapatkan penghargaan baik dilevel regional, maupun Nasional.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.