Beranda Frame Wapres: Peparnas Istimewa, Ajang Pembuktian Semangat Kesetaraan

Wapres: Peparnas Istimewa, Ajang Pembuktian Semangat Kesetaraan

BERBAGI
Wapres: Peparnas Istimewa, Ajang Pembuktian Semangat Kesetaraan

Jayapura, Haloindonesia.co.id – Ajang kompetisi olahraga tingkat nasional kembali digelar di Bumi Papua. Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI  Papua Tahun 2021 telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amien pada Jumat (5/11).

Turut hadir mendampingi Wapres di Stadion Manggala, Kota Jayapura, yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Wapres Ma’ruf Amien dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peparnas XVI Papua Tahun 2021 merupakan ajang istimewa. Bukan sekadar kompetisi olahraga, lebih dari itu momentum pembuktian semangat kesetaraan bagi seluruh masyarakat.

“Mari kita rayakan dalam semangat persaudaraan untuk mencapai tujuan menciptakan prestasi olahraga,” ujar Wapres.

Ia pun menuturkan bahwa ajang Peparnas XVI yang diselenggarakan tepat usai perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober lalu adalah wujud komitmen pemerintah dalam menciptakan kesetaraan bagi para atlet disabilitas sehingga setara dengan atlet non-disabilitas.

Wapres Ma’ruf berpesan agar para atlet disabilitas yang akan bertanding di gelaran pesta olahraga nasional Peparnas XVI Papua Tahun 2021 dapat terus menyalakan obor semangat untuk meraih prestasi dan pantang menyerah.

Seperti diketahui, Peparnas XVI Papua Tahun 2021 diikuti oleh para atlet penyandang disabilitas dari 34 provinsi di Indonesia. Ada 12 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 602 nomor pertandingan.

“(Atlet disabilitas) harus mampu melakukan yang orang lain bisa. Hambatan tidak boleh menghalangi cita-cita meraih prestasi. Kalau torang bisa, ko juga bisa,” tegas Ma’ruf.

Pada kesempatan tersebut, Wapres juga menyatakan hal senada seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi melalui rekaman video. Gelaran Peparnas yang kini dibuka oleh Wapres, pada saat penutupan nanti akan ditutup secara resmi oleh Presiden Joko Widodo yang akan hadir langsung di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, 15 Oktober mendatang.

Menko PMK yang kini hadir mendampingi Wapres saat pembukaan Peparnas XVI Papua Tahun 2021, esok hari akan melanjutkan kunjungan kerja di Kota Jayapura dan sekitarnya terkait tugas Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian (KSP) di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan. (*)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.