JAKARTA, Haloindonesia – Brand pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) semakin dapat pengakuan. Brand yang diusung Kemenpar itu dinobatkan sebagai Brand of The Year Indonesia 2018 oleh Philip Kotler Center for ASEAN Marketing, yang secara resmi akan diumumkan dalam awarding night WOW Brand Festive Day 2018, yang diselenggarakan oleh MarkPlus Inc. Kalau penerima penghargaan kategori lain dalam awarding night WOW Brand Festive Day, bisa lebih dari satu, maka khusus Brand of The Year Indonesia, hanya ada satu.
“Pemberian penghargaan ini mengacu bukan hanya pada keberhasilan yang telah diraih WI-PI di dunia internasional, tapi dampak luar biasa yang berhasil disumbang, seperti tampilnya sektor pariwisata sebagai kontributor kedua perekonomian Indonesia di tahun 2017. Pencapaian seperti ini barangkali akan susah ditandingi oleh brand lain di masa depan,” ujar Founder and Chairman MarkPlus Inc dan salah satu Tri-Founder Philip Kotler Center for ASEAN Marketing Hermawan Kartajaya di Jakarta, Kamis (1/3).
Penghargaan akan diserahkan saat awarding night WOW Brand Festive Day 2018, Kamis (8/3), di Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Ciputra World.
Gelaran yang sudah tiga kali terselenggara tersebut, akan mengusung tema “Brand 4.0 : From Wow to Now The Omni Way!
Bukan tanpa alasan WI-PI dipilih menjadi Brand Of the Year Indonesia 2018. Semuanya dikalibrasi, dan dengan penilaian ketat.
Asal tahu saja, melalui brand WI-PI, pariwisata menempati peringkat kedua sebagai penyumbang devisa.
Hermawan menambahkan, sebagai salah satu sektor unggulan Indonesia, pariwisata berhasil mendatangkan 14,04 juta wisatawan mancanegara tahun 2017. Kunjungan wisman ke Indonesia di tahun 2017 adalah suatu capaian yang acceptable. Terlebih, dipenghujung 2017 terjadi juga force majeur. Yaitu erupsi Gunung Agung di Bali.
Walau sempat terganggu erupsi Gunung Agung, namun Kemenpar mampu menjaga brand WI-PI. Salah satunya dengan pengembangan destinasi digital di daerah.Belum lagi keberhasilan Bali menjadi Best Destination dalam TripAdvisor Traveller’s Choice Award 2017. Penghargaan ini cukup bergengsi. Karena penilaiannya berbasis pilihan wisatawan dari seluruh dunia.
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik keberhasilan WI-PI meraih Brand of The Year Indonesia 2018. Menurutnya, penghargaan ini sangat penting bagi Kemenpar. Karena, hal ini menyangkut 3C. Yakni Confidence, Credibility, dan Calibration.
“Award akan menaikkan tingkat kepercayaan (confidence level) kita. Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik. Banyak sekali orang yang menyatakan bahwa penghargaan ini meningkatkan self confidence,” katanya.
Menurutnya, jika dikomunikasikan dengan baik, award yang diperoleh dapat menjadi marketing yang paling efektif untuk image.
“Kita tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang kita miliki. Orang lainlah yang menyatakannya. Nigel Botterill – pemenang BT Entrepreneur Award – menyatakan “It provides instant credibility! People will remember long after the award is presented,” jelasnya.
Dijelaskannya, membentuk persepsi melalui positive referal sangat efektif. Namun tentunya harus diikuti dengan kinerja yang baik pula.