
Jakarta, Haloindonesia.co.id – Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) akan ikut ambil bagian dalam WPP Stream Indonesia 2025. Menteri Ekonomi Kreatif (Menteri Ekraf) Teuku Riefky Harsya diundang langsung untuk berbicara pada forum tersebut.
Hal itu diungkapkan Ranjana Singh sebagai Chairperson WPP Indonesia & Vietnam saat audiensi dengan Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamenekraf) Irene Umar di Gedung Film Pesona Indonesia, Jakarta. Wamenekraf Irene menyambut positif undangan tersebut.
“Kami senang bisa bekerja sama dengan lembaga luar manapun termasuk WPP yang merupakan salah satu agensi terbesar di dunia. Melalui kekuatan yang dimiliki WPP, Kemenekraf bisa berkolaborasi untuk menyampaikan apa saja yang menjadi program Kemenekraf untuk mengembangkan ekosistemnya. Harapannya, gaung ini bisa sampai ke negara-negara lain,” kata Wamenekraf dalam audiensi yang berlangsung pada Kamis, 17 April 2025.
Selain sebagai agensi periklanan yang menggerakkan pertumbuhan jenama terkemuka di Indonesia melalui transformasi kreatif, WPP juga menangani integrasi kreativitas yang berbasis data dan teknologi untuk memberikan solusi inovatif yang berdampak positif serta berkelanjutan. WPP Stream Indonesia sendiri direncanakan pada 26-28 Mei 2025 di Hyatt Regency Bali. WPP Stream sendiri merupakan acara konferensi interaktif yang pesertanya terdiri dari berbagai unsur yang berada di industri teknologi dan industri kreatif.
Menteri Ekraf Teuku Riefky nantinya diundang sebagai salah satu pembicara dengan format komunikasi dua arah. Cara itu bertujuan agar peserta konferensi dapat memahami maksud Kemenekraf yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui sektor bisnis kreativitas dan inovasi.
Ranjana Singh mengaku senang bisa mendapat sambutan positif dari Kemenekraf. Bahkan, Ranjana menekankan bahwa kesempatan ini menjadi kali pertama WPP mendapatkan akses untuk bisa berdiskusi secara langsung dengan pemerintah khususnya Kementerianekraf.
“Secara pribadi saya sangat bersemangat bisa langsung berdiskusi bersama Kemenekraf yang sangat-sangat memikirkan bagaimana bisa memajukan negaranya. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga untuk dikenal di kancah internasional sehingga, dunia bisa kenal dan tahu tentang Indonesia. Hal yang paling penting, kami sangat bersemangat untuk bisa bekerja sama dan berkolaborasi dengan Kemenekraf. Baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek,” kata Ranjana.
Wamenekraf Irene turut menjelaskan bahwa banyak subsektor yang bisa digandeng dalam mendukung jalannya konferensi nanti. Dengan begitu Wamenekraf Irene berharap sektor ekonomi kreatif khususnya subsektor periklanan di Indonesia lebih terangkat lagi.
“Dengan apa yang WPP lakukan setiap tahun melalui WPP Stream, kita bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat yang mungkin belum memiliki kesempatan untuk menunjukkan kreativitasnya. Ini menjadi tugas kita untuk mencarikan ‘jodoh’ bagi para kreator lokal untuk bisa mendapat tempat memperlihatkan karyanya,” kata Wamenekraf Irene.
Dalam audiensi ini, Wamenekraf Irene didampingi Deputi Bidang Kreativitas Digital dan Teknologi Muhammad Neil El Himam dan Deputi Bidang Kreativitas Media Agustini Rahayu.