Beranda Event Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Aceh Perkuat Ekosistem Kreatif lewat “Kelana Nusantara”

Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Aceh Perkuat Ekosistem Kreatif lewat “Kelana Nusantara”

BERBAGI
Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Aceh Perkuat Ekosistem Kreatif lewat

Banda Aceh, Haloindonesia.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para pelaku ekonomi kreatif di Aceh untuk memanfaatkan program “Kelana Nusantara” sebagai upaya memperkuat ekosistem kreatif.

Menparekraf Sandiaga dalam kegiatan “Kelana Nusantara” di Sribudaya Resort & Homestay, Aceh, Senin (1/4/2024) malam, mengatakan Aceh memiliki produk-produk ekraf yang beraneka ragam sehingga ekosistem ekraf yang ada harus diperkuat.

“Kelana Nusantara hadir untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif para pelakunya, pengambil kebijakannya, destinasi, serta infrastruktur ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Kelana Nusantara merupakan ajang serap aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Kemenparekraf/Baparekraf. Forum ini dijadikan sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari bawah atau dikenal dengan istilah bottom up yang kemudian hasilnya nanti dijadikan bahan masukan dan evaluasi dalam perumusan kebijakan.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, penguatan ini perlu dilakukan dalam rangka menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatra Utara pada September 2024. Sehingga pelaku ekraf di Aceh dan para pemangku kepentingan harus segera mempersiapkan ekosistem ekraf secara maksimal, salah satunya melalui pelatihan-pelatihan.

“Ternyata yang paling banyak dibutuhkan itu adalah pelatihan pemasaran dan permodalan dan kami akan fasilitasi semua langkah-langkah para pelaku UMKM ini, karena sebagian dari mereka telah berhasil membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat,” katanya.

Dalam acara ini Menparekraf Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini; Direktur SDM Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf, Fahmi Akmal; dan Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi. Turut hadir pula Anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.