Beranda Frame Penanganan Terus Dilakukan di Jalur KA yang Terdampak Longsor di Lintas Karanggandul-Karangsari...

Penanganan Terus Dilakukan di Jalur KA yang Terdampak Longsor di Lintas Karanggandul-Karangsari Karena Curah Hujan Tinggi, Perjalanan KA Masih Dialihkan Memutar

BERBAGI
Penanganan Terus Dilakukan di Jalur KA yang Terdampak Longsor di Lintas Karanggandul-Karangsari Karena Curah Hujan Tinggi, Perjalanan KA Masih Dialihkan Memutar

Purwokerto, Haloindonesia.co.id – PT KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan karena adanya jalur rel yang terdampak longsor akibat curah hujan tinggi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari pada Senin (4/12) dini hari.

Kronologis kejadian, pada Senin (4/12) pkl 00.58 WIB, jalur hilir terdampak tebing longsor karena curah hujan tinggi, Tim Gabungan KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan dan jalur hulu tetap dapat dilalui sehingga perjalanan KA dialihkan menjadi 1 jalur melalui hulu dan KA tetap berjalan. Kemudian, pukul 04.27 WIB, petugas lapangan KAI melaporkan bahwa kembali terjadi longsoran sehingga dua jalur yakni hilir dan hulu terdampak longsoran dan untuk sementara waktu belum dapat dilalui. Adapun jalur yang tertutup dampak longsor yakni sepanjang 50 meter dengan ketinggian tumpukan tanah setinggi 5 meter. Demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar lintas utara.

Hingga pukul 15.15 WIB saat release ini diterbitkan, Tim Gabungan KAI Daop 5 Purwokerto bekerja sama dengan instansi terkait seperti DJKA Kemenhub, BTP Semarang, Satpel Purwokerto, Pemkab Banyumas, BPBD Purwokerto, PLN Purwokerto, Polsek Cilongok, Danramil 2.3 Cilongo masih melakukan evakuasi jalur KA menggunakan alat berat.

Adapun KA-KA dari Jakarta menuju Surabaya dan Jogja maupun sebaliknya masih dialihkan memutar melalui lintas utara seperti lintas  SemarangTawang-Solo, lintas Bandung, dan Cirebon. Hingga saat ini terdapat 26 KA yang terdampak yang memutar sbb:

1. KA 155 Kamandaka (PWT – SMT)
2. KA 147 Sawunggalih (KTA – PSE)
3. KA 116 Ranggajati (CN – JR)
4. KA 18 Argo Semeru (GMR – SGU)
5. KA 141 Fajar Utama Yogya (YK – PSE)
6. 246 KA Bengawan (PSE – PWS)
7. KA 88 Fajar Utama Solo (PSE – SLO)
8. KA 142 Fajar Utama Yogya ( PSE – YK)
9. KA 148 Sawunggalih (PSE – KTA)
10 KA 138 Gajahwong (PSE – LPN)
11. KA 67 Taksaka ( YK – GMR )
12. KA 7 Argo Lawu ( SLO – GMR)
13. KA 123 Bangunkarta (JG – PSE)
14. KA 89 Mataram (SLO – PSE)
15. KA 10 Argo Dwipangga (GMR – SLO)
16. KA 68 Taksaka (GMR – YK)
17. KA 167 Joglosemarkerto
18. KA 162 Joglosemarkero
19. KA 79F Manahan
20. KA 135 Bogowonto
21. KA 224 Kutojaya Utara (KTA – PSE)
22. KA 222 Jakatingkir (PSE-PWS)
23. KA 124 Bangunkarta (PSE-JG)
24. KA 17 Argo Semeru (SGU-GMR)
25. KA 247 Progo (LPN-PSE)
26. KA 71 Purwojaya (CP-KYA-GMR)

Untuk penumpang KA yang terdampak kelambatan perjalanan KA, Daop 5 Purwokerto telah memberikan Service Recovery atau kompensasi kelambatan KA. KAI Daop 5 Purwokerto tetap berkomitmen untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.