Beranda Berita Nasional Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Ke-78 Hari Bhayangkara di Monas

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Ke-78 Hari Bhayangkara di Monas

BERBAGI
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Ke-78 Hari Bhayangkara di Monas

Jakarta, Haloindonesia.co.idPresiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara memimpin jalannya Upacara Peringatan ke-78 Hari Bhayangkara Tahun 2024 yang digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada Senin, 1 Juli 2024. Tepat pukul 16.00 WIB, upacara dimulai dengan diawali oleh salam kebangsaan.

Setelah berada di mimbar kehormatan, Presiden Jokowi menerima laporan dari komandan upacara yang pada kesempatan itu diemban oleh Kombes Pol. I Ketut Gede Adi Wibawa. Presiden Jokowi kemudian melakukan pemeriksaan pasukan dengan menggunakan kendaraan jip terbuka.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-78 kepada seluruh keluarga besar Polri. Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan kerja keras anggota Polri dalam menjaga stabilitas keamanan dan agenda pembangunan nasional.

“Terima kasih atas kerja keras, atas pengabdian seluruh anggota Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan proses demokrasi Pemilu 2024 dan agenda-agenda besar pembangunan Indonesia sehingga bangsa kita mampu tetap tumbuh di tengah tantangan dan ketidakpastian global saat ini,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya sebagai bagian dari rangkaian penyelenggaraan Peringatan ke-78 Hari Bhayangkara. Secara resmi, Presiden menganugerahkan tanda kehormatan tersebut melalui Keputusan Presiden RI Nomor 59/TK/TH 2024 tanggal 14 Juni 2024 kepada 3 perwakilan penerima gelar tersebut, yakni:

  1. Kombes Pol. Dedy Murti Haryadi, Koorspriprim Polri;
  2. AKP Tati Rusmiati, Kaurreglittap Subbagrehabpers Bidpropam Polda Jabar; dan
  3. Aipda Dwi Kuntoro, Danton 2 Kie 3 Yon B Men II Paspelopor Korbrimob Polri.

Selesai upacara, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana dan tamu undangan lainnya menyaksikan persembahan Drum Corps Taruna Akpol dan atraksi terjun payung. Presiden Jokowi juga turut menyaksikan defile pasukan.

Di penghujung acara, Presiden Jokowi melakukan pemotongan tumpeng yang kemudian diserahkan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ipda Adira Rizki Nugroho (peraih Adhimakayasa 2022). Sementara potongan tumpeng dari Ibu Iriana diserahkan kepada Ibu Juliati Listyo Sigit dan AKP Yuni Utami (peraih Hoegeng Award 2023).

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam upacara tersebut adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan istri, serta Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan istri. Selain itu, tampak hadir pula para pimpinan lembaga tinggi negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta para duta besar negara sahabat.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.